30.2 C
Jakarta

UM Palopo Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah Terbaik Keempat di Indonesia Versi AD Scientific Index 2024

Baca Juga:

MENARA62, PALOPO – Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo) menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional dengan masuk dalam daftar Indonesia Top Scientist versi AD Scientific Index 2024 (Versi Maret).

Menurut AD Scientific Index, sebuah lembaga pemeringkatan ilmuwan dan universitas dunia, pencapaian ini didasarkan pada evaluasi terhadap produktivitas ilmiah, yang mencakup indeks h, indeks i10, dan jumlah kutipan dari karya-karya ilmiah yang telah dipublikasikan.

UM Palopo, dengan peringkat nasional ke-67 dan menempatkan 52 ilmuwannya dalam daftar 50.000 ilmuwan top Indonesia, menandakan sebuah pencapaian luar biasa dalam waktu yang relatif singkat.

Di Internal UM Palopo, empat besar urutan ilmuwan yang masuk dalam daftar tersebut yakni Junaidi PhD, Rahmat Solling Hamid, M.Si, Prof. Dr. Hadi Pajarianto, dan Prof. Suhardi M. Anwar.

Dalam pemeringkatan AD Scientific Index tersebut, UM Palopo menduduki posisi keempat di antara perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) secara nasional, setelah Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sementara di kalangan Perguruan Tinggi Swasta dalam naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX, UM Palopo menempati urutan kedua setelah Universitas Muslim Indonesia.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari dedikasi UM Palopo dalam mengembangkan riset dan inovasi. Sejak berdiri pada tahun 2019, universitas ini telah menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan penelitian berkualitas yang memberikan dampak signifikan bagi komunitas ilmiah.

Wakil Rektor bidang Akademik, Riset, dan Inovasi UM Palopo, Prof Hadi Pajarianto mengungkapkan kesyukurannya atas prestasi ini. “Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika UM Palopo yang senantiasa berupaya menghasilkan penelitian berkualitas yang dapat berkontribusi terhadap pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Pengakuan ini, lanjutnya, diharapkan dapat mendorong lebih banyak penelitian dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas, serta meningkatkan reputasi ilmu pengetahuan Indonesia di kancah internasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor UM Palopo Prof Suhardi M Anwar menegaskan, kampusnya berkomitmen untuk terus memperkuat kapasitas akademik dan risetnya, berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dan membawa pengaruh yang lebih besar.

Melalui upaya-upaya ini, kata Prof Suhardi, UM Palopo tidak hanya meningkatkan reputasi dan kualitasnya sebagai lembaga pendidikan tinggi tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat pada umumnya.

“Pada Renstra tahap 2 ini, UM Palopo memiliki ikhtiar untuk terus meningkatkan reputasi nasional dan internasional. Kami PTS kecil, tetapi memiliki mimpi yang besar untuk terus tumbuh mendunia,” nakhoda UM Palopo itu.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!