28.6 C
Jakarta

UM Palopo Perguruan Tinggi Terbaik se- Luwu Raya Versi Webometrics

Baca Juga:

PALOPO – Berdasarkan publikasi edisi Juli 2023 dari situs pemeringkatan Webometrics, Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo berhasil menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi terbaik se- Luwu Raya. Dalam perayaan dua dekade keberadaan Webometrics, situs tersebut mengungkapkan data pemeringkatan dari 31.000 Perguruan Tinggi global.

 

Bukan hanya di Luwu Raya, UM Palopo juga berhasil masuk 15 besar dari 171 Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah se-Indonesia (PTMA). Di skala nasional, universitas ini menempati urutan 146 dari 3.000 lebih perguruan tinggi, serta urutan 6.042 dari 31000 perguruan tinggi global.

 

Webometrics, di bawah naungan Cybermetrics Lab — kelompok penelitian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) Spanyol, menerapkan metodenya yang unik. Penilaian didasarkan pada visibilitas (visibility), transparansi (transparency), serta keunggulan atau cendekiawan (excellence or scholar). Setiap aspek ini mengukur dampak konten web, sitasi peneliti, serta artikel terkutip tertinggi.

 

Berdasarkan indikator tersebut, UM Palopo memperoleh peringkat 6.398 secara global dengan nilai impact di urutan 4.394, nilai openness di posisi 4.837, dan nilai excellence di urutan 7.239.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi UM Palopo, Dr. Hadi Pajariyanto, mengakui keberhasilan ini tak lepas dari pembenahan website universitas dan peningkatan produktivitas karya ilmiah dosen yang terindeks di Google Scholar.

 

“Kami bersyukur atas pencapaian ini, tetapi kami tidak akan berhenti berinovasi,” ungkapnya, saat diwawancarai di Kampus UM Palopo, Selasa, 8 Agustus 2023.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!