28.2 C
Jakarta

Unismuh Sukses Gelar Audit Internal Dokumen Sertifikasi ISO 21001:2018

Baca Juga:

MAKASSAR, MENARA62.COM– Kegiatan audit mutu internal sertifikasi ISO 21001:2018 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah resmi ditutup oleh Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, Rabu, 5 April 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh untuk mengevaluasi implementasi standar manajemen pendidikan.

Selama kegiatan, auditor dan auditee internal sertifikasi ISO 21001:2018Unismuh didampingi tim ahli penjaminan mutu Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, yakni  Dr Nur Yakin dan Dr Megawati.

Hasil audit internal tim pendamping  masih menemukan beberapa temuan dokumen yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Namun, secara keseluruhan implementasi standar ISO 21001:2018 Unismuh Makassar telah berjalan dengan baik.

Rekomendasi dan saran yang disampaikan oleh tim ahli guna untuk meningkatkan efektivitas implementasi standar-standar dokumen manajemen organisasi yang disyaratkan.

Tim ahli Penjaminan Mutu Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Nur Yakin, mengatakan bahwa saat ini kita sudah berada dalam posisi final audit internal sertifikasi ISO 21001:2018 Unismuh dan ini masih akan berproses terus hingga proses sertifikasi.

Dikatakan dalam proses audit internal masih ditemukan beberapa perbaikan atau revisi dokumen, diantaranya yang terkait dengan proses observasi yang harus terkomunikasi dengan baik.

Perbaikan dalam tinjauan manajemen masih memiliki waktu hingga 13 April 2023. Dari hasil tinjauan manajemen ini akan dikirim ke Sekretariat Sertifikasi ISO 21001:2018 untuk di pull up.

Nur Yakin melihat potret penyelenggara manajemen sebuah lembaga aktivitas selama tiga bulan dalam kegiatan ISO 21001:2018 berharap bisa menjadi budaya dan berharap kedepan audit internal dilakukan secara terintegrasi.

Sementara itu, Megawati juga merasa bersyukur karena selama tiga hari kegiatan berlajan dengan lancar. Walaupun masih ada perbaikan-perbaikan dokumen ISO yang masih perlu perbaikan  sebelum dikirim ke Sekretariat ISO.

Megawati dalam perbaikan dokumen ISO, top manajemen  selalu berkomunikasi dengan tim auditor maupun auditee untuk dapat saling membantu.

Ia juga menyarankan  tim audite dapat mempersiapkan dokumen sekaligus memahami dokumen tersebut.

“Saya siap membantu jika dalam perbaikan dokumen  masih tetap dibutuhkan,” ujar Megawati yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Selain itu, Rektor Unismuh Makassar  Prof Ambo Asse, sebelum menutup acara ini telah menyemangati tim auditor dan auditee sertifikasi ISO Unismuh dengan yel-yel, dengan menyebut ISO tiga kali, dengan menjawab, ‘Semangat, Maju, dan Tersertifikasi’.

Prof Ambo juga mengatakan bahwa dirinya sangat bersemangat dengan sertifikasi ISO 21001:2018 Unismuh.

Ia menyebutkan apa yang menjadi masukan termasuk perbaikan dokumen yang direkomendasikan harus segera dilengkapi.

“Saya berharap Unismuh mendapatkan sertifikasi ISO 21001:2018 dan AIPT unggul,” tandasnya.

Prof Ambo berharap top manajemen dalam hal ini Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Dr Burhanuddin dapat melakukan simulasi agar bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Rektor Prof Ambo juga dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada tim auditor internal atas kerja keras dan profesionalisme yang ditunjukkan selama kegiatan audit ini.

Ketua BPM Unismuh Dr Burhanuddin, melaporkan audit mutu internal ISO 21001:2018 Unismuh sudah dilaksanakan selama tiga hari, dan masih ada waktu perbaikan dokumen, dimulai 7-19 April.

Setelah itu Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada 13 April 2023, kemudian pengiriman dokumen ke Sekretariat ISO pada tanggal 16 – 19 April 2023 untuk di Pull Up.

Kemudian sebut Burhanuddin audit eksternal baru akan dilaksanakan pada, (Senin – Rabu),  8 hingga 10 Mei 2023.

Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Dr Andi Sukri Syamsuri serta sejumlah pimpinan fakultas, prodi serta lembaga, dan biro turut hadir dalam acara penutupan kegiatan audit mutu internal sertifikasi ISO 21001:2018.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!