31.2 C
Jakarta

Unkris Kini Miliki Gedung Peradilan Semu, untuk Dukung Praktik Mahasiswa Hukum

Baca Juga:

BEKASI, MENARA62.COM – Universitas Krisnadwipayana (Unkris) terus melakukan terobosan guna mengembalikan kejayaan Unkris dimasa lalu. Kampus yang bermula dari kawasan Menteng, Jakarta Pusat tersebut dikenal memiliki keunggulan pada ilmu hukum.

Salah satu upaya mengembalikan kejayaan Unkris adalah dengan membangun gedung Peradilan Semu yang berada di Fakultas Hukum. Gedung ini nantinya selain sebagai ruang praktik bagi mahasiswa hukum, sekaligus untuk sidang doktor bagi mahasiswa program doktor Ilmu Hukum Unkris.

Proses pembangunan gedung Peradilan Semu itu sendiri sudah berjalan dan kini dalam tahap penyelesaian. Ditargetnya tahun ini gedung Peradilan Semu tersebut sudah bisa difungsikan baik sebagai ruang praktik mahasiswa ilmu hukum maupun ruang sidang bagi mahasiswa program doktor FH Unkris.

“Alhamdulillah, proses pembangunan gedung Peradilan Semu terus berlanjut dan ini sudah mendekati selesai,” kata Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono pada acara syukuran pembangunan Gedung Peradilan Semu FH, Rabu (14/9/2022).

Didampingi Dekan FH Unkris Hartono Widodo SH, MH, Rektor mengatakan bahwa ilmu hukum merupakan cikal bakal lahirnya Unkris. Dari prodi ilmu hukum tersebutlah kemudian Unkris membuka fakultas dan prodi lainnya. “Sejarah lahirnya Unkris sejak di Bandung hingga Menteng, bermula dari ilmu hukum. Jadi kita akan mengembalikan kejayaannya,” jelas Rektor.

Menurut Rektor, keberadaan gedung Peradilan Semu ini nantinya dapat mempercepat upaya mengembalikan kejayaan Unkris masa lalu. Ditambah dengan partisipasi dan masukan dari para alumni hukum, maka gedung Peradilan Hukum ini nantinya dibangun dan didesain sebagai miniatur gedung peradilan yang sesungguhnya.

Rektor mengatakan FH Unkris telah banyak melahirkan praktisi-praktisi hukum yang kiprahnya dikenal oleh publik. Salah satunya adalah Prof Gayus Lumbuun yang pernah menjabat sebagai Hakim Agung. “Alumni lain sangat banyak, ada yang jadi menteri, ada yang jadi anggota legislatif, banyak pula yang duduk di pemerintahan,” tambah Rektor.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH berharap dibangunnya gedung Peradilan Semu selain mengembalikan kejayaan Unkris, juga sekaligus melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan yang ada.

“Mahasiswa tentu akan lebih menjiwai ketika praktik di ruang yang didesain sama persis dengan ruangan peradilan,” kata Amir.

Ia memastikan bahwa pembangunan gedung Peradilan Semu akan dilengkapi dengan segala fasilitas yang memang dibutuhkan ruang peradilan. Mengingat menjadi mahasiswa hukum memang harus banyak berpraktik layaknya menghadapi ruang persidangan yang sesungguhnya.

Turut hadir dalam acara syukuran Sekretaris Pembina Yayasan Unkris, Prof. Dr. M. Iman Santoso, SH, MH, MA, seluruh Warek, seluruh Wadek FH, Ketua LPKK & LPPM Unkris serta Kabag Humas dan Pemasaran Unkris.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!