30.7 C
Jakarta

Usung Pendidikan dan Pertanian SD MBF, Burhan dan Pipit Raih Juara 1 Nasional Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Kemenpora 2022

Baca Juga:

KARANGANYAR, MENARA62.COM – Pasangan suami istri sesama perintis SD MBF Mojogedang Karanganyar berhasil memperoleh juara 1 Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 19-21 Juni 2022 di Jakarta. Mereka adalah Burhan Efendi, S.P., M.P. dan Nur Fitri Fatimah, S.Pd.

Tekad Burhan dan Pipit dalam membangun kemajuan desa perlu dijadikan contoh. Sejak masih aktif menjadi mahasiswa, mereka merintis FORMAISKA dengan kegiatan utamanya adalah Seminar KYD (Kampus Yang Dirindukan) yang memfasilitasi siswa kelas XII di Karanganyar untuk mengenal lebih dalam mengenai dunia kampus. Kegiatan ini sudah dilaksanakan 7 kali dengan melibatkan lebih dari 4.070 peserta. Selain itu juga kegiatan FORCE yang merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini berupa sharing ilmu dan pengalaman mengenai kesehatan, pertanian, dan keagamaan serta memberikan bakti sosial kepada masyarakat.

Potensi SDM yang besar di Karanganyar mereka kumpulkan untuk merintis Sekolah Tani Organik Intanpari yang kemudian ditindaklanjuti menjadi SD MBF. SD MBF Mojogedang ini unik karena ciri khasnya adalah Islam pertanian. “Anak-anak kami ajarkan pertanian sejak dini agar di dalam alam bawah sadar mereka tertanam bahwa pertanian itu pekerjaan mulia, baik, dan menyejahterakan. Sehingga ketika besar nanti, menjadi apapun anak-anak akan peduli terhadap kemajuan pertanian Indonesia.” Keunikan lainnya adalah SD ini lebih mengutamakan nilai karakter/ adab dibanding nilai akademik. Setiap anak dan wali murid diberikan buku keaktifan sehingga SD MBF merangkul wali murid untuk bersama sama membiasakan karakter yang baik di rumah dan di sekolah.

Tiga tahun berdiri, SD MBF telah berhasil meraih 22 prestasi dari siswa dan puluhan prestasi dari guru baik tingkat regional, nasional, maupun internasional. Prestasi siswa paling besar adalah medali emas olimpiade matematika Internasional di Thailand. Dengan segala keterbatasannya, SD MBF juga memberikan beasiswa kepada 35 siswa dari 139 siswa yang berasal dari anak yatim, piatu dan dhuafa. Selain aktif mengurusi SD MBF, Burhan dan Pipit juga aktif dalam menjadi pembicara, mengikuti perlombaan, ke luar negeri, dan bersama masyarakat membangun pengajian.

Dalam pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi, Burhan dan Pipit mengalahkan 23 pasang dari berbagai daerah di Indonesia dan 5 pasang pada Grand Final dari Banten, Balikpapan, Jawa Barat, dan Lampung.

Pada babak Grand Final disiarkan oleh TVRI 29 Juni 2022 bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional. Bertindak sebagai dewan juri adalah Dr. H. M. Asrorun Niam Sholeh, M.A. (Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI), Dr. Hj. Hetifah Sjaifudin (Ketua Komisi X DPR RI), Prof Dr. H. Seto Mulyadi, S.Psi, M.Si (Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia), dr. Lula Kamal, M.Sc. (Dokter, Pemerhati Kesehatan), dan Alissa Qodtrunnada Munawaroh Wahid (Psikolog Keluarga). (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!