close

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkolaborasi dengan FT Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang menginisiasi penyelenggaraan Seminar Nasional Teknik (Senatek) 2017. Kegiatan yang mengambil tema “Inovasi Teknologi Berkelanjutan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa” diikuti sebanyak 200 civitas akademica yang mengirimkan papper penelitian di bidang teknik kimia, teknik sipil, teknik elektro, teknik Informatika, teknik arsitektur dan teknik perencanaan wilayah dan kota. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H., Ketua Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia (IKABI) Dr. Ir. Tatang H. Soerawidjaja, Program Menejer IBU FEIM PT Chevron Pacific Indonesia Ir. g Agung Prasetya MMT., P.M.P., dan Prof. Ir. Pratikso, M.S.T., Ph.D.

Disampaikan oleh ketua panitia Wahyu Dwiyono, diselenggarakannya Senatek 2017 merupakan forum seminar tahunan yang diadakan FT UMP untuk mendiskusikan temuan dan hasil penelitian di bidang Teknik dan Sains Terapan. Dalam kegiatan ini melibatkan para peneliti, insinyur, pemerintah dan stake holder lainya dengan skala nasional. Selain itu, kegiatan ini juga mengagendakan adanya sesi panel pemaparan hasil penelitian kepada peserta. Peserta merupakan civitas akademica yang tertarik dengan isu-isu tentang bidang teknik dan sains terapan.

Selain itu, diselenggarakannya seminar ini sebagai jawaban atas temuan-temuan masalah di bidang teknik dan sains terapan. “Dalam hal ini, temuan-temuan hasil penelitian juga sebagai sumbangan keilmuan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang timbul pada permukaan,” tambah Wahyu.

Sejalan dengannya, Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H., juga mengatakan bahwa Senatek sebagai tempat menjaga peradaban melalui tradisi ilmiah. Dalam hal ini kaitanya dengan kegiatan penelitian secara berlanjut. “Dengan tema teknologi berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing bangsa, memiliki tujuan yang sama dengan arahan visi dan arah pembangunan jangka panjang tahun 2005-2025,” kata Rektor UMP. Salah satu upaya yang dilakukan UMP untuk mendorong terealisasinya misi dan visi tersebut, yakni dengan pembangunan techno park dan pusat unggulan.

Terealisasnya tujuan senatek diharapkan oleh Rektor UMP, yakni seluruh civitas akademica dapat menjadi pelopor peradaban. “UMP secara aktif bisa menjadi pelopor peradaban dengan aktif mengembangkan penelitian dan memperluas jaringan kerjasama dengan mitra nasional maupun international,” tutup Rektor UMP. (sls)