32.6 C
Jakarta

1 Syawal 1443 H : Muhammadiyah Pulang Pisau gelar sholat Ied di Masjid KH Ahmad Dahlan

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

PULANG PISAU, MENARA62.CO.M – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau , Senin (2/5/2022)

Sholat Idul fitri yang awalnya akan dilaksanakan di halaman Masjid seperti tahun-tahun sebelumnya, ternyata kondisi sepanjang malam hujan mengguyur sangat deras,sehingga tanah di halaman masjid menjadi becek dan tergenang , ditambah cuaca pagi hari yang sedikit mendung, sehingga PDM Pulang Pisau dan Takmir masjid memutuskan rencana Alternatif yaitu pelaksanaan  sholat di dalam Masjid.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau melalui sekretaris PDM Rudi Purwadi dalam sambutannya menyampaikan ramadan dan idul fitri tahun ini setidaknya membawa efek kesalehan pada diri kita, pertama yaitu kesalehan individual yang muaranya adalah kita warga persyarikatan menjadi orang yang lebih bertaqwa, yang kedua kesalehan Soaial , yaitu bersama-sama melakukan kebajikan, mewujudkan amar makruf nahi munkar yang menjadi ciri dari persyarikatan.

Dalam kesempatan tersebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau melaporkan perolehan Zakat Infaq Shodaqoh selama Ramadan 1443 H oleh Lembaga Zakat Infaq dan shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) yang dihimpun di Masjid KH Ahmad Dahlan , sebesar Rp. 14.256.000 dan beras 647.2 kg terdiri dari 398 muzakki dan disalurkan kepada mustahik di wilayah desa Anjir, Pulang Pisau, Mentaren dan Hanjak maju sebanyak 126 paket.

Dilaporkan juga realisasi penghimpunan ZIS oleh Lazismu Pulang Pisau selama tahun 2021 yaitu sebesar Rp. 217.417.886 dengan jumlah muzakki 342 orang, dan penyaluran ZIS dan DSKL sebesar Rp. 171.099.230 dengan 2.940 penerima manfaat dalam bentuk program-program sosial, dakwah, pendidikan dan kemanusiaan .

Selain itu PDM melaporkan progres pembangunan Masjid KH Ahmad Dahlan yang saat ini perkembangan fisik mencapai 55 persen , i tahun 2021 telah terhimpun dsna sebesar Rp. 260.088.000 dan direalisasikan sebesar Rp. 138.202.250 dengan prioritas bangunan lantai atas , dinding dan rangka atap.

“InsyaAllah tahun 2022 dapat selesai, kami mohon dukungan dan partisipasi warga dan jamaah untuk menyelesaikan pembangunan khususnya pemasangan atap yang memerlukan dana sekitar Rp. 250 juta rupiah” ungkap Rudi.


Pesan Perdamaian

Bertindak sebagai imam dan  khatib pada sholat Idul Fitri adalah Ustadz Najmuddin SAg, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Pulang Pisau. Yang dalam.khutbahnya , 1mengingatkan kita semua untuk berikhtiar meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, karena taqwa adalah Status akhir yang menentukan posisi kita di hadapan Allah Subhanahu wata’ala.

Idul fitr adalah i saat yang tepat untuk kembali merajut kebersamaan dan kembali melantangkan pesan perdamaian.

“Sebagai seorang mukmin harus menjadi bagian dari juru damai dan solusi , jangan sampai seorang mukmin justru menjadi pihak yang perlu didamaikan dan menjadi bagian dari masalah ” katanya

Najmuddin mengajak kita melakukan tadabur beberapa pesan suci Allah dalam Alquran, tentang bagaimana interaksi sesama mukmin dengan saling menghargai.

Pengurus PDM Pulang Pisau dan takmir Masjid KH Ahmad Dahlan seusai melaksanakan sholat ied (doc.MPI)

Pesan Allah sangat jelas dalam surat Al hujurat ayat 10 : “sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”.

” Semoga puasa dan semua amalan terbaik yang kita jalankan selama ramadan menjadikan kita pribadi yang suci, lebih khusyuk beribadah, menghargai orang lain, menjauhi prasangka buruk kepada sesama dan pribadi yang berikhtiar menegakkan keadilan” pesan najmuddin.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!