32.4 C
Jakarta

700 Anggota Tapak Suci se Soloraya Latihan Massal Perdana Jelang Tampil di Pembukaan Muktamar

Baca Juga:

SUKOHARJO, MENARA62.COM – Sebanyak 700 anggota perguruan seni bela diri Indonesia Tapak Suci Putra Muhammadiyah mengikuti latihan massal perdana sebagai persiapan tampil pada pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48.

Latihan perdana bersama  ini digelar di lapangan Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Ahad (11/9/2022).

Koordinator seksi Pembukaan Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, Dr Rony Syaifullah M.Pd menyampaikan 700 anggota Tapak Suci yang mengikuti latihan perdana massal ini berasal dari 7 Pimda dan unit latihan yang ada.

“Target kami ada 1100 pesilat yang ikut latihan dari 7 Pimda di Solo Raya yaitu Kota Solo, Sragen Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten dan Boyolali,” kata juara dunia pencak silat tahun 1997 dan 2000 itu.

Namun untuk beberapa Pimda karena hari ini bertepatan dengan Semarak Muktamar di masing masing PDM, hari ini yang hadir baru 600 hingga 700an.

“Dan untuk latihan berikutnya, tanggal 18 kita akan mau karena pembukaan muktamar semakin dekat,” kata peraih emas di tiga Sea Games tersebut.

Diterangkan Rony Syaifullah, sebelum dilakukan latihan massal dilakukan kegiatan Training of Trainer (ToT).

Kemudian para pelatih yang menyebar materi latihan ke Pimda-Pimda dan hari ini latihan perdana.

Mengenai materi latihan bersama ini, Rony Syaifullah menerangkan ada empat materi yang dilatihkan.

“Ada aneka ragam keilmuan Tapak Suci yaitu jurus rampak, jurus Tapak Suci. Juga akan ditampilkan permainan senjata bela diri praktis dan berpasangan,”‘terang Rony.

Rony Syaifullah menambahkan, pihaknya dari perguruan seni bela diri Indonesia Tapak Suci Putra Muhammadiyah ingin berkontribusi dalam Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 di Kota Solo.

“Dan sebagai bagian dari Ortom Muhammadiyah kami ingin berkontribusi positif dengan prestasi yang diraihnya dan anggota ingin menampilkan usaha yang terbaik dalam pembukaan muktamar nanti,”ujar Wakil Dekan Fakultas Keolahragaan UNS tersebut.

Salah satu peserta latihan, Hidlha menyampaikan senang dapat ikut serta latihan dan nanti bisa tampil di pembukaan muktamar.

“Muktamar di Kota Solo ini momen langka karena hanya berlangsung 5 tahun sekali dan tidak semua mahasiswa bisa mengikutinya,” kata anggota Tapak Suci UMS tersebut.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!