32.6 C
Jakarta

Ratusan Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jalani Vaksinasi MR

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM — Ratusan siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta sebagai sekolah Pendidikan Karakter, Jawa Tengah, mendapat imunisasi “measles rubella” oleh Puskesmas Stabelan.

Petugas imunisasi Puskesmas Stabelan, Dr Yuswato, di ruang aula SD Muhammadiyah 1, Senin (11/9/2017) mengatakan, imunisasi untuk mencegah penyakit campak dan rubella .

Ia menyebutkan, di wilayah kerjanya pada bulan Agustus 2017, imunisasi dilakukan untuk anak SMP, sedangkan September 2017 untuk anak – anak SD dan akan menjadi program rutin.

“Imunisasi MR sangat penting, misalnya untuk ibu hamil bisa mencegah penyakit yang ada di dalam kandungannya, nantinya seandainya ibu hamil terkena virus rubella proses pembentukan organ bisa terganggu,” katanya.

Ia menuturkan, campak merupakan penyakit menular disebabkan virus dan bisa berakibat fatal jika terjadi komplikasi, mulai dari kepala, penglihatan, jantung, kulit. Sedangkan rubella/ campak jerman adalah sebagaimana campak juga, penyakit akut yang rentan menyerang anak hingga dewasa.

Sementara itu, Waka Humas, Jatmiko menyebutkan, total siswa yang akan diberi imunisasi MR sebanyak 797 anak mulai dari kelas I sampai VI, hari ini yang diimunisasi kelas 1 dan 2 sebanyak 256 siswa. Sebelum pemberian vaksin MR, pihaknya telah menyampaikan kepada orang tua siswa melalui grup WhatsApp wali kelas masing-masing, brosur dan undangan.

“Sebelum diberikan imunisasi MR, kita telah menyampaikan kepada orang tua murid melalui group-group media sosial,melalui brosur dan undanagan. Alhamdulillah, para orang tua siswa menyambut positif program layanan kesehatan tersebut,” tuturnya.

Dirinya sangat mengapresiasi program pemerintah ini. Karena itu, langkah tepat pencegahan campak dan rubella ini mendapat dukungan dari pihak sekolah.

“Pihak sekolah tentunya sangat mendukung dengan adanya program imunisasi MR tersebut. Hal ini merupakan salah satu langkah yang sangat baik dalam pencegahan dini campak dan rubella,” pungkasnya.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!