27.2 C
Jakarta

Walikota Solo Beri Penghargaan Juara Lomba Dokter Kecil

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyerahkan penghargaan lomba dokter kecil dan kader kesehatan remaja tingkat Kota Surakarta tahun 2018. Penghargaan itu diberikan walikota Solo pada satu siswi sekolah dasar (SD) dan 4 sekolah menengah.

Pemenang terbaik Juara I, menerima piala dan piagam dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Lomba ini, bertujuan untuk mendorong peran generasi muda di Bidang Kesehatan.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyerahkan penghargaan tersebut kepada Farah Meyliana Artanti dari Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Selain itu, ia juga memberikan penghargaan pada  Safira Putri A dari SMPN 1, Dhifan Rizqon Kusuma Dienei dari SMPN 1, Lani Puspta dari SMA Kristen 2 dan Daniel Dwi Prasetyo dari SMA Kristen 1 hasil wilayah binaan UPT Puskesmas Setabelan, Manahan, Manahan, Stabelan dan Kratonan.

Penghargaan itu diberikan dalam seremoni Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Pendapi Gede Balaikota Surakarta Jalan Jenderal Sudirman No. 2 Surakarta pada Jum’at (1/6/201).

Selain mendapatkan piala, satu dokter kecil dan empat kader kesehatan remaja berprestasi tersebutm juga mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp 1,5 juta untuk Farah, Rp 1 juta untuk Safira, Dhifan, Lani dan Daniel.

Agus Subagyo, Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kota Surakarta mengatakan, mereka merupakan kader-kader dokter kecil sebagai teladan untuk PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). “Teman-temannya, bisa mengikuti sekaligus sosialisasi tentang derajat kesehatan sehingga prestasi belajarnya semakin membaik dan meningkat,’’ ujarnya.

Farah, gadis cilik kelahiran Demak, 3 Mei 2007 ini menceritakan, usahanya untuk mejadi juara pertama dilakukan dengan rajin belajar dan bersungguh-sungguh, serta lebih rajin beribadah kepada Allah SWT.

Patmiyatiningsih ibunda Farah menambahkan, semua prosesnya mengalir saja. “Saya ikuti kemauan anak tetapi tetap diarahkan, sehingga anak bebas berekspresi tanpa ada rasa takut. Anak bisa bertanggung jawab dan bisa mengerti arti memperjuangkan sesuatu bila ingin mendapatkan hasil yang terbaik tanpa beban atau tekanan, lakukanlah dengan senang hati dan perbesarlah semangat berprestasi dan berbagi,” ujarnya.

Acara ini antara lain juga dihadiri Drs H Subari, Ketua MUI Solo sekaligus Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta, dan sejumlah anggota TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN), organisasi massa, pelajar dan mahasiswa.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sri Sayekti SPd MPd mengungkapkan, rasa bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh Farah. Apalagi, menurutnya, prestasi ini mampu memberi kontribusi dan mendukung program sekolah sehat, kantin sehat, UKS modern berbasis kesehatan.

“Kami fasilitasi siswa yang punya kemampuan atau minat masing-masing, dan dukungan semua pihak sehingga menutup tahun ajaran 2017/2018 sekolah bisa beprestasi dan beriringan dengan prestasi lainnya. Tentu ini membanggakan bagi kami semua,” ucap Sri Sayekti.

Farah bersama walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, wakil walikota Solo, kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sri Sayekti
Farah bersama ketua MUI Solo Drs H Subari.
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!