28.2 C
Jakarta

Bank Danamon Cetak Laba Bersih Rp3,3 Triliun di Tahun 2022

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Bank Danamon berhasil membukukan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Konsolidasi sebesar Rp 3,3 triliun di tahun 2022, meningkat 110% dari periode yang sama tahun lalu. Peningkatan laba bersih tersebut disebabkan oleh peningkatan Net Interest Margin sebesar 30 basis points (bps) yang didukung oleh perbaikan komposisi pendanaan dan cost of fund.

Danamon berhasil mencapai rekor tertinggi dalam Total Kredit  dan Trade Finance yaitu mencapai Rp 146,7 triliun, atau tumbuh 12% year-on-year (YoY). Kredit untuk segmen Enterprise Banking dan Consumer Bankingmasing-masing tumbuh sebesar 18% YoY.

“Pertumbuhan portofolio yang berkelanjutan merupakan hasil dari strategi Danamon dalam menerapkan perbedaan value proposition berdasarkan segmentasi nasabah dan kolaborasi dengan MUFG, pemegang sahamnya,” demikian diungkapkan Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki dalam  Virtual Press Conference & Analyst Briefing Full Year 2022, Rabu (15/2/2023).

Menurut Yasushi Itagaki, Danamon tetap fokus dalam mengembangkan pendanaan granular melalui strategi institutional approach dan peningkatan kemitraan digital, sehingga Total Dana Pihak Ketiga Danamon mencapai rekor tertinggi mencapai Rp 127,3 trilliun. Kontribusi CASA mencapai Rp 81,3 triliun, tumbuh sebesar 12% YoY. Alhasil, Rasio CASA pun mencapai 63,9% per Desember 2022 dibandingkan 59,1% per Desember 2021.

“Selain itu, Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon membukukan peningkatan pembiayaan baru sebesar 22% YoY,” tuturnya.

Danamon juga terus memperkuat Kualitas Asetnya. Danamon meningkatkan pencadangan dengan rasio NPL Coverage mencapai 231%, naik 520 bps dari tahun lalu. Sementara rasio LAR (Loan at Risk – termasuk restrukturisasi COVID still under forbearance) membaik (menurun) sebesar 340bps YoY menjadi 12,6%.

“Sinergi dengan MUFG dan Adira Finance adalah kunci diferensiasi Danamon. Kami terus memanfaatkan kekuatan dan kapabilitas masing-masing entitas untuk menjadi bank lokal dengan kapabilitas global. Kami akan terus mengoptimalkan semangat “Bersama Bersinergi” untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi lagi ke depannya,” tutur Yasushi Itagaki.

Yasushi menambahkan, untuk lebih memperluas bisnis kami, Danamon, dan Adira Finance, akan terus memanfaatkan investasi strategis yang dilakukan MUFG. Di akhir tahun 2022, MUFG telah berinvestasi di Akulaku serta Home Credit dimana Adira Finance juga ikut serta dalam investasi untuk yang dimaksud di Indonesia.

“Sementara baru-baru ini, beberapa minggu yang lalu, kami juga dengan bangga mengumumkan penempatan dana kami di Garuda Fund, yang merupakan dana ventura yang didedikasikan untuk perusahaan rintisan Indonesia, yang dikelola oleh perusahaan modal ventura MUFG. Sebagai bagian dari MUFG Group, kami memiliki lebih banyak kesempatan dalam mengakses kolaborasi dan mewujudkan lebih banyak sinergi bisnis di masa depan,” jelasnya.

Penghargaan dan Prestasi

Danamon menerima sejumlah penghargaan prestisius sepanjang tahun 2022, salah satunya ABF Retail Banking Awards 2022 oleh majalah Asian Banking & Finance untuk dua kategori, yaitu Open Banking Initiative of the Year– Indonesia and Strategic Partnership of the Year – Indonesia. Danamon menerima penghargaan lainnya dari Asian Banking & Finance dalam ABF Wholesale Banking Awards 2022 untuk kategori Indonesia Domestic COVID Management Initiative of the Year. Pada 13th Edition of Asia’s Best Employer Brand 2022, Danamon dianugerahi penghargaan Best Employer Brand, Excellence in Training, and Young HR Professional of the Year oleh Employer Branding Institute dan World HRD Congress. Danamon juga meraih tiga penghargaan bergengsi dalam “13th Annual Retail Banker International Asia Trailblazer Awards”, yakni Best Retail Bank (Indonesia), Indonesia’s Best Open Banking Initiative, dan Highly Recommended – Best Fintech Partnership. Selain itu, Danamon memenangkan dua penghargaan dari Euromoney Market Leaders 2022, yakni Market Leader – Corporate Banking dan Highly Regarded – Digital Solutions.

Pembiayaan Keberlanjutan

Pada kesempatan yang sama Direktur keuangan PT Bank Danamon Indonesia Muljono Tjandra mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembiayaan berkelanjutan.

“Di tahun 2022, kami telah melaksanakan beberapa program utama seperti pemasangan panel surya di cabang-cabang terpilih, bermitra dengan proyek EV Charging, Sertifikat Platinum Green Building untuk Menara Bank Danamon kami, dan berbagai program CSR seperti penanaman 10 ribu pohon bakau dalam rangka memperingati hari jadi kami yang ke-66,” jelas Muljono.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!