26.7 C
Jakarta

Batasi Kuliah Tatap Muka, UNISA Yogyakarta Terapkan UAS Hybrid

Baca Juga:

 

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Pandemi yang belum usai mempengaruhi Perkuliahan Tatap Muka (PTM). Hampir seluruh kampus yang ada di Indonesia menunda pemberlakuan PTM.

Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta memberlakukan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan metode hybrid. Berdasarkan Kebijakan Akademik No 164/UNiSA/AD/XI/2021mengenai Pelaksanaan Ujian Selama Masa Pandemi Covid 19, UAS dilaksanakan dalam kurun waktu dua minggu. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 Januari – 5 Februari 2022.

Hybrid merupakan metode pembelajaran campuran, antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran dalam internet atau online. Hal ini merupakan salah satu upaya Unisa Yogyakarta dalam mengurangi peningkatan kasus covid 19.

Dalam pelaksanaan UAS hybrid, Unisa Yogyakarta menentukan kapasitas kelas yang hanya 30%-50% dari jumlah mahasiswa. Dalam penerapan kelas tatap muka Unisa Yogyakarta memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. UAS secara tatap muka ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan praktik langsung mengenai materi yang telah diberikan oleh dosen pada pembelajaran sebelumnya.

Dosen Komunikasi Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Erwin Rasyid M.Sc. menuturkan bahwa kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) tahun ini dilaksanakan secara hybrid dikarenakan pandemi covid-19 yang belum usai.

Di satu sisi, terdapat kemudahan antara dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan UTS tahun ini. Mahasiswa dapat mengakses secara mudah soal ujian dengan platform E-Learning System yang disediakan oleh pihak kampus. Hal tersebut mendatangkan tantangan bagi mahasiswa dan dosen, untuk memiliki peluang lebih besar untuk menyalin jawaban mahasiswa lain.

Mahasiswa Unisa jurusan Komunikasi semester 1, Ilham Dyas menilai pelaksanaan ujian secara online ini sangat baik. Sistem yang digunakan dalam pengerjaan ujian mudah diakses, sehingga mahasiswa tidak kesulitan dalam mempersiapkan ujian tengah semester tahun ini.

Sistem E-Learning yang telah disiapkan Unisa Yogyakarta tentunya memenuhi untuk pelaksanaan UAS secara online. Mahasiswa dengan mudah mengakses platform dengan nomor identitas mahasiswa. Tidak hanya itu mahasiswa juga dapat merivew materi dari awal pembelajaran hingga menjelang UAS dengan mudah. Sistem ini sengaja di buat untuk menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa.

Dengan diberlakukannya UAS secara hybrid, Unisa Yogyakarta menghimbau seluruh mahasiswa agar melakukan protokol kesehatan dan sosial distance untuk mencegah penularan virus corona. (Rizkika-Mahasiswa Komunikasi Unisa Yogyakarta)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!