25.6 C
Jakarta

Bupati Sleman Sebut Optimalisasi Zakat Bantu Atasi Kemiskinan

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan santunan kepada warga lanjut usia dan dhuafa di Kalurahan Lumbungrejo, Kapanewon Tempel, Ahad (2/12/2021). Santunan tersebut dalam rangka Milad ke-17 Yayasan Lumbung Zakat Indonesia (LZI) Tempel Sleman.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengungkapkan betapa pemerintah kabupaten membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang semakin meningkat di Sleman sebagai imbas dari pandemi Covid -19 yang sudah berlangsung dua tahun ini. Data menunjukkan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Sleman yang pada 2020 tercatat 8,12 persen tahun ini naik 0,52 persen menjadi 8,64 persen.

Tentunya Pemerintah Kabupaten Sleman tidak mau berdiam diri dalam hal ini terus menjalankan berbagai program untuk menurunkan angka kemiskinan dengan menggunakan cara-cara yang tidak biasa, seperti memanfaatkan peluang pendanaan dan sumber daya yang lain, termasuk salah satunya melalui kekuatan zakat, karena kalau zakat sudah pasti berkah.

Warga para penerima santunan

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sleman mengajak swasta bersama-sama menanggulangi kemiskinan melalui zakat yang memiliki dua substansi, yakni penghambaan diri kepada Allah dan dimensi sosial. Harapan saya banyak masyarakat yang terbantu dan meningkat ke hidup yang lebih layak, setelah itu ikut serta menolong yang lain,” katanya.

Diakui pemerintah daerah tidak bisa sendiri, termasuk dalam upaya pengentasan kemiskinan, perlu kerja sama serta bersama-sama dengan pihak-pihak swasta, salah satunya melalui zakat.

Aksi sosial Lumbung Zakat LZI di Sleman

Sementara Ketua Panitia Aksi Sosial LZI Sudaryanto mengatakan rangkaian acara Milad ke-17 ini diisi dengan berbagai aksi sosial seperti pembinaan kepada 40 peternak kambing serta santunan kepada 40 lansia dan uang bantuan Rp50 juta untuk 52 pelaku UMKM wali yatim di Margorejo, Lumbungrejo, dan Merdikorejo bekerjasama dengan Baznas Sleman dan BPD DIY Syariah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!