28.9 C
Jakarta

Diklat Peningkatan Kompetensi Guru IPA SMP Muhammadiyah Jawa Tengah

Baca Juga:

 

SEMARANG, MENARA62.COM– Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPTK IPA) bekerjasama dengan  Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Diklat Peningkatan Kompetensi Guru IPA SMP Muhammadiyah Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin-Ahad, 20-26 September 2021. Diklat ini bertempat di Haris Hotel Sentraland Semarang. Seluruh peserta Diklat diwajibkan melakukan rapid antigen karena acara masih dilaksanakan saat pandemi covid-19.
Era globalisasi menuntut peserta didik menguasai 4 Kompetensi abad 21 yang dikenal dengan 4 C, yakni Critical Thinking (Berpikir Kritis), Collaboration (Kolaborasi), Communication (Komunikasi) dan Creativity (Kreativitas). Maka guru sangat membutuhkan pelatihan untuk dapat berperan pada peningkatkan kualitas peserta didik untuk memiliki kompetensi abad 21. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahamkan guru tentang literasi sains dalam pembelajaran IPA di SMP.

Merancang inovasi media pembelajaran atau produk sebagai penguatan literasi sains. Dari pelatihan ini diharapkan kompetensi guru dalam pembelajaran IPA bermuatan literasi sains. Peningkatan kompetensi guru dalam merencanakan melaksanakan pembelajaran IPA dan muatan literasi sains peningkatan kuantitas dan kualitas karya inovasi guru dalam pembelajaran IPA bermuatan literasi tentang peningkatan iklim pembelajaran IPA yang bermakna menyenangkan bagi peserta didik.

Diklat ini diikuti olah 60 guru SMP Muhammadiyah di Jawa Tengah. Dengan sistem pembagian kelompok pada penyampaiannnya menjadi 3 kelompok dan mempresentasikan ide di masing-masing kelompok.
SMP Muhammadiyah 1 Surakarta mengirimkan wakilnya yakni guru IPA sekaligus pembina ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja, Dr.Siti Khoiriyah, S.Si, M.Si. Beliau menyampaikan harapan dari pelatihan ini Kompetensi guru dalam literasi sains meningkat sehingga inovasi guru semakin banyak dan berkualitas, sehingga berdampak pada iklim pembelajar untuk siswa menjadi bermakna dan menyenangkan.

Delegasi SMP Muhammadiyah 1 Simpon ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi Guru IPA SMP Muhammadiyah Jawa Tengah

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta H. Ahmad Sukidi, S.Ag, M.Pd. menyampaikan dukungannya pada pelaksanaan Diklat Kompetensi Guru IPA Jawa Tengah ini. “ Semoga diklat ini menjadi awal pembelajaran IPA yang semakin menarik dan bermakna untuk para peserta didik,”ungkap Sukidi. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!