29 C
Jakarta

Ember Tumpuk, Program Mahasiswa KKN UAD Dukung Wujudkan Bantul Bersih Sampah 2025

Baca Juga:

BANTUL, MENARA62.COM — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 96 Unit III A 2 mendukung mewujudkan Bantul Bersih Sampah 2025 dengan pogram ember tumpuk. Delapan mahasiswa KKN Reguler 96 Unit III A 2 sedang berada di Dusun Kadirojo, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Delapan mahasiswa KKN Reguler 96 Unit III A 2 adalah Alifikri Zaky Islah (Ketua Unit), Panji, Youfya, Ryni, Andita, Azizah, Aziz dan Fendi. Mereka di bawah dosen pembimbing lapangan (DPL), Nur Syarianingsih Syam SKM, MKes.

Dijelaskan Alfikri, untuk menerapkan metode Ember Tumpuk telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap warga di Masjid Istijabah Kadirojo, Senin (22/8/2022). Pelatihan pengelolaan sampah diikuti perwakilan Kepala RT, perwakilan masyarakat, dan perwakilan pemuda pemudi Dusun Kadirojo.

Warga mendengarkan penjelasan penggunaan Ember Tumpuk. (foto : istimewa)

Sosialisasi, tambah Alfikri, fokus pada materi mengenai pemilahan dan pengelolaan sampah. “Kami berupaya memberikan kesempatan kepada masyarakat Padukuhan Kadirojo untuk bekerja sama mewujudkan Gerakan Bantul Bersih Sampah 2025,” kata Alfikri.

Kepala Dukuh, Kardiyana mengatakan program KKN mahasiswa UAD ini mendukung program Pemerintah Kabupaten Bantul. Ia berharap pelatihan ini dapat bermanfaat untuk menciptakan kebersihan di wilayah Padukuhan Kadirojo. “Semoga dapat membantu pemerintah menciptakan Bantul Bersih 2025,” kata Kardiyana.

Selain program tematik pengelolaan sampah, mahasiswa KKN UAD juga melaksanakan kegiatan individu sesuai dengan minat mahasiswa yang berfokus pada aspek keilmuan, keagamaan, seni dan olahraga. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!