25.5 C
Jakarta

FT UNIMMA Dukung Roadmap Digitalisasi Kabupaten Magelang

Baca Juga:

 

MAGELANG, MENARA62.COM – Program Studi (prodi) S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang melakukan sosialisasi magang dan proyek di desa. Kegiatan dengan peserta mahasiswa semester lima prodi S1 Teknik Informatika tersebut, dilaksanakan di Aula Fikes Kampus 2 UNIMMA pada Jumat (30/9) lalu dan melibatkan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himanifo) UNIMMA.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan FT, Mukhtar Hanafi, ST., M.Cs yang menyampaikan bahwa sosialisasi dilakukan dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu kegiatan magang dan kegiatan membangun desa.

“Fakultas Teknik berharap semua mahasiswa melakukan program magang khususnya kegiatan membangun di desa dengan baik, mengingat kondisi saat ini aplikasi dan infrastruktur sudah tersedia dengan baik, namun masih memiliki kendala di sisi Brainware atau Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga diharapkan mahasiswa akan mampu memberikan dukungan dari sisi SDM agar lebih menjadi lebih optimal,” tuturnya.

Dipandu oleh Rofi Abul Hasani, S.Kom., M.Eng selaku moderator, kegiatan menghadirkan dua narasumber yaitu Setiya Nugroho, ST., M.Eng dari UNIMMA dan Tim Diskominfo Kabupaten Magelang, Musokhip, S.Pd, MM selaku Kepala Bidang Informatika.

Setiya dalam materinya menjelaskan, program MBKM yang disiapkan oleh Kemendikbudristek memiliki tujuan untuk mengurangi gap atau jarak antara perguruan tingi dengan industri. “Prodi Teknik Informatika S1 memiliki dua skema magang yaitu magang regular dan magang MBKM. Magang MBKM memiliki beberapa skema seperti magang bersertifikat, studi independent atau bentuk lain dapat diambil oleh mahasiswa mulai semester 5, sementara untuk magang reguler dapat diambil oleh mahasiswa pada semester 7,” jelasnya.

Sementara itu, Musokhip menyampaikan bahwa Kabupaten Magelang menjadi bagian dalam Gerakan 100 Smart City Indonesia untuk mendukung salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Magelang periode 2019-2024, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang amanah. “Kabupaten Magelang memiliki 21 kecamatan, 5 kelurahan dan 367 Desa. Banyak aplikasi yang saat ini ada di desa namun belum dimanfaatkan dengan optimal karena keterbatasan sumber daya manusia, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan magang mahasiswa dapat mendukung Diskominfo untuk mengoptimalkan penggunaan sistem dan aplikasi yang ada di desa serta mendukung Roadmap Digitalisasi Kabupaten Magelang,” tutur Mushokip.

Lebih lanjut, tim menjelaskan secara teknis pekerjaan dan berbagai kendala yang terjadi di lapangan. Diharapkan, melalui kegiatan sosialisasi magang dan proyek di desa, mahasiswa dapat memahami lebih lengkap tentang program magang yang disiapkan oleh Prodi S1 Teknik Informatika UNIMMA dan banyak mahasiswa yang berkesempatan magang di Diskominfo Kabupaten Magelang. (*)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!