30.7 C
Jakarta

Gerak Cepat Muhammadiyah, Respon Banjir Bandang di Kota Batu

Baca Juga:

 

KOTA BATU, MENARA62.COM – Banjir bandang yang terjadi di Kota Batu pada Kamis (04/11) menyebabkan kerugian materil yang meliputi 35 unit rumah rusak, 33 unit rumah terendam lumpur, 73 unit sepeda motor rusak, 7 unit mobil rusak, 107 hewan ternak hanyut dan 10 kandang ternak rusak berat.

Selain itu, merujuk data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu pada Sabtu (6/11), banjir bandang tersebut menyebabkan 7 orang meninggal dunia dan 89 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dengan dukungan Lazismu Kota Batu telah terjun untuk membantu warga terdampak bencana tersebut, yaitu dengan menginisiasi Pos Koordinasi (Poskor) Muhammadiyah di Apple Sun Kota Batu, Jalan Kastubi 17 Binangun, Bumiaji, Kota Batu.

Beberapa layanan yang telah dilakukan antara lain menerjunkan tim pembersihan lumpur di Dusun Beru dan Sebrang Bendo, membentuk dapur umum relawan bersama Pimpinan Daerah Aisyiyah, mendistribusikan air bersih di Jala Wukir Temas, melakukan pendataan rumah rusak, serta kaji cepat kondisi psikologis penyintas.

Ketua MDMC Kota Batu, Arief Wibowo menyampaikan bahwa MDMC bersama Lazismu Kota Batu bersama beberapa relawan Muhammadiyah di antaranya dari Kokam, Hizbul Wathan, serta Maharesigana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkomitmen untuk membantu instansi terkait dalam penangannan kebencanaan ini.

“Selain upaya pendataan, LazismuMDMC juga melakukan upaya assesment amal usaha Muhammadiyah (AUM) yang terdampak banjir bandang. Juga distribusi air bersih, asessment kondisi psikis penyintas, penyaluran hygiene kit dan sembako,” jelasnya.

Senada dengan Arief, Manajer Lazismu Kota Batu, Ramadiansyah Mufti menyebutkan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan MDMC untuk membantu warga.

“Kami Lazismu bersama MDMC Kota Batu juga turut andil turun ke lokasi banjir di beberapa titik yang terdampak. Lazismu telah melakukan galang dana serta makanan siap saji yang tepat untuk pemenuhan gizi sementara dalam bencana ini,” sebutnya.

Arief kemudian menambahkan, per tanggal 5 November 2021 Lazismu telah menggalang dana belasan juta rupiah, serta menyiapkan bantuan makanan siap santap RendangMu.

LazismuMDMC Kota Batu untuk sementara hingga Jumat (5/11/21) pukul 16.00 WIB telah berhasil menggalang dana sebesar Rp. 17.323.307,-. Nantinya dana ini akan di sumbangkan kepada yang terdampak. Selain itu kami juga sudah menyediakan 7 kardus Rendangmu. Sehingga total ada 168 kaleng Rendangmu untuk pemenuhan kebutuhan makanan kurang lebih 500 warga,” tambahnya.

Berdasarkan Laporan Situasi (Situation Report/Sitrep) yang dikeluarkan oleh MDMC Kota Batu, hingga Ahad (07/November) Muhammadiyah telah menerjukan 68 orang relawan dalam respon bencana banjir bandang ini.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah perlengkapan untuk melakukan pembersihan, seperti Alcon/penyedot air, chainsaw/mesin pemotong, Arko/gerobak dorong, sepatu boots, selang pompa air, cangkul, sekop, linggis, sling belt, helm safety, dan sarung tangan safety. Dapur umum relawan juga membutuhkan bantuan berupa bahan makanan seperti sayur, telur, ayam, dan beras serta air mineral.

r

Sementara itu, rencana aksi yang akan dilakukan antara lain pendistribusian air bersih, kaji cepat kondisi psikologis penyintas, kaji cepat lanjutan dampak bencana, penyaluran logistik berupa hygiene kit dan sembako, pembersihan rumah yang terendam lumpur, serta pendistribusian air bersih.

Bagi warga yang membutuhkan bantuan dapat langsung datang ke Poskor Muhammadiyah atau menghubungi Call Center di nomor 08563363262 (Ahmad Hendra) atau 082331152622 (Arief Wibowo). Bantuan donasi bisa disalurkan melalui rekening BSI nomor 262-0000-261 atau Bank Muamalat nomor 717-0000-648 atas nama Lazismu Kota Batu.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah]
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!