25 C
Jakarta

Hadiri ICWI di Iran, Ketua Umum Kowani Berbagi Pengalaman Pemberdayaan Perempuan di Indonesia

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo menghadiri “The First International Congress for Women of Influence (ICWI)” yang digelar di Teheran, Iran, pada Kamis (19/01/2023). Pertemuan internasional tersebut dihadiri oleh Presiden Republik Iran Ayatollah Dr Seyyed Ebrahim Raisi dan para pimpinan organisasi perempuan dari 28 negara di dunia.

Pertemuan tersebut juga dihadiri sejumlah ibu negara dari berbagai negara di antaranya Iran sebagai tuan rumah, Armenia dan Serbia.

Menurut Giwo, pertemuan tersebut merupakan kesempatan yang berharga bagi Kowani sebagai organisasi federasi perempuan tertua dan terbesar di Indonesia. “Melalui pertemuan ini, kami berharap dapat berkolaborasi bersama dan meningkatkan hubungan, khususnya pada bidang pemberdayaan perempuan dengan berbagai organisasi perempuan di dunia,” kata Giwo didampingi Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Kowani Tantri Diah Kirana.

Dalam pertemuan tersebut, Giwo berkesempatan membagikan pengalaman terkait dengan pemberdayaan perempuan melalui diskusi-diskusi yang melibatkan tokoh perempuan berpengaruh dari berbagai negara. “Berbagi kondisi yang ada di negara masing-masing, pengalaman, strategi, dan terus berjuang bersama untuk kesetaraan, keadilan, dan pemberdayaan bagi perempuan,” lanjut Giwo.

Selain itu, Kowani kata Giwo juga mempromosikan keadilan, pemahaman, serta pertukaran budaya yang bertujuan meningkatkan kehidupan yang lebih baik pada masa mendatang sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi dari berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo bertemu dengan Dubes Indonesia untuk Iran, Ronny Prasetyo Yuliantoro. (ist/dokkowani)

Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya bahwa Republik Iran telah dipilih menjadi tuan rumah Congress for the Women of Influence dari berbagai negara. Ini adalah sebuah pertemuan yang sangat berpengaruh dan penting bagi perempuan-perempuan dunia.

“Saya berharap para perempuan yang hadir pada pertemuan ini dapat belajar dari pengalaman berharga yang diperoleh Republik Islam Iran di bidang hak-hak perempuan dan perhatian terhadap perempuan pasca Revolusi Islam,” kata Presiden Iran dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari laman president.ir.

Presiden juga berharap dengan diselenggarakannya Congress for the Women Influence dapat membuka jalan kerjasama antar negara. Dimana perempuan seringkali dipandang dengan instrument yang salah dan ditolak.

Di Iran, terdapat lebih dari 30 persen profesor perempuan di perguruan tinggi. Selain itu, lebih dari 34 persen ahli di bidang kesehatan dan pengobatan adalah para perempuan.

Di sela menhadiri ICWI di Teheran, Ketua Umum Kowani juga berkesempatan bertemu dengan Dubes Indonesia untuk Iran, Ronny Prasetyo Yuliantoro.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!