32.4 C
Jakarta

Ingin Jago Bahasa Arab? Ayo Gabung Dengan Ma’had Abu Bakar Ash Shiddiq UMS Aja!

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024.
Direktur Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq, Drs. Ma’arif Jamuin, M.Si., mengungkapkan pada tahun ini Ma’had sedang membuka pendaftaran program I’dad Lughowi yang terintegrasi dengan S1 Prodi Ilmu Quran Tafsir Fakultas Agama Islam (FAI) UMS.
“Ma’had Abu Bakar As-Shidiq ini didirikan sebagai hasil kerja sama antara UMS dan Yayasan Muslim Asia. Pada tahun 2020, kemudian diserahkan ke Muhammadiyah yang kemudian dikelola oleh UMS. Di sini kita menerima mahasiswa setiap semester,” ungkap Direktur Ma’had Senin (6/5/2024).
Program ini, lanjutnya, memang disiapkan untuk menjadi bekal mereka kuliah di universitas ternama di dunia. Setelah kuliah di sini, kebanyak lulusan melanjutkan studi beken seperti di Madinah, Mesir, Maroko, atau lulus dari Ma’had langsung melamar ke universitas Madinah. Selain itu ada yang mendapatkan lagi persiapan bahasa versi kampus itu. Banyak lulusan yang mendapat beasiswa penuh.
“Program yang tersedia: persiapan bahasa, bahasa Arab untuk semua, bahasa Arab untuk pemula, kursus bahasa Arab untuk melanjutkan belajar di Timur Tengah, kursus bahasa Arab untuk bekerja di Timur Tengah, dan tes kecakapan bahasa Arab untuk non-penutur asli,” paparnya.
Menurutnya, semenjak dikelola oleh Muhammadiyah manajemennya berbeda, harus lebih cepat dan progresif. Banyak evaluasi dan strategi yang kemudian disesuaikan lagi. Terutama dalam memaksimalkan sarana dan prasarana yang menggunakan teknologi.
“Silakan bagi siapapun yang ingin belajar bahasa Arab bergabung dengan kami. Lulusan dari Ma’had ini juga saya tegaskan untuk melanjutkan studi tidak hanya di bidang agama, tetapi bidang ilmu yang lain,” ujarnya.
Profil lulusan seperti: (1) Menjadi pendidik kompeten bidang Bahasa Arab dan Ulumul Islam; (2) Menjadi mutarjim bahasa Arab ke Bahasa Indonesia; (3) Menjadi duet millennial yang memahami Al Quran dan Al Hadits secara mendalam; (4) Menjadi penggerak masyarakat dalam manhaj Muhammadiyah.
Konfirmasi minat mendaftar dengan meng-klik tautan alamat berikut:
Putra
Putri
Pendaftaran: 19 Februari – 5 Agustus 2024
Ujian PMB: 7 Agustus 2024
Daftar Ulang: 12-15 Agustus 2024
Awal Kuliah: 19 Agustus 2024
Informasi lebih lanjut dapat mengakses website: mabas.ums.ac.id. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!