32.6 C
Jakarta

Kerajinan Tali Kur Jadi Andalan Pemberdayaan Perempuan di Desa Erelembang, Berkat Inisiatif Mahasiswa Unismuh Makassar

Baca Juga:

MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, mahasiswanya berhasil meraih hibah pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Hibah ini diperoleh setelah melalui seleksi ketat pada 31 Mei – 1 Juni 2024, menyisihkan ratusan proposal lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Tim PKM-PM Unismuh Makassar akan mengimplementasikan program pengabdian masyarakat di Desa Erelembang, Dusun Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa. Fokus utama program ini adalah pemberdayaan kelompok perempuan melalui pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar tali kur.

Siti Hanima, Ketua Tim PKM-PM, mengungkapkan harapannya agar program ini memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Erelembang.

“Kerajinan tali kur memiliki potensi besar sebagai sumber penghasilan tambahan bagi ibu-ibu PKK, sekaligus meningkatkan keterampilan dan kreativitas mereka,” ujarnya, Selasa, 11 Juni 2024 via Whatsapp.

Program yang akan berlangsung selama empat bulan ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari penyuluhan, pelatihan, hingga pendampingan dalam pemasaran dan manajemen keuangan.

Tim PKM-PM Unismuh Makassar berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Erelembang, dengan dukungan hibah PKM-PM dan bimbingan dosen pendamping Dian Pramana Putra, S.Pd, M.Pd.

Laporan: Adilah Nugria S (Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Ma’had Al Birr, Fakultas Agama Islam, Unismuh Makassar)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!