25.6 C
Jakarta

Keren, Gibran Sabet Juara Lomba Dalang Tingkat Nasional

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Menggembirakan, Gibran Maheswara Javas Setyawan, Dalang cilik berusia 11 tahun yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas 5C Sekolah Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dinobatkan sebagai dalang cilik terbaik dengan menyabet juara ketiga dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2022, yang diselenggarakan di Plaza Fatahilah Kota Tua Jakarta, pada 22-24 September 2022.

Gibran yang mewakili Provinsi Jawa Tengah, berhasil mengalahkan 32 kontestan dalang cilik dari berbagai Provinsi di Indonesia. Agus Setyawan, orang tua Gibran Maheswara mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih anak pertamanya itu.

Pasalnya, Festival Dalang Anak tingkat nasional ini merupakan ajang yang sangat bergengsi karena pesertanya datang hampir dari semua Propinsi di Indonesia.

“Ajang ini sangat bergengsi untuk nama daerah terutama kabupaten Karanganyar, karena hampir semua provinsi mengirimkan kontestan. Terkhusus Gibran sekolah di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta,” kata Agus Setyawan, Senin (26/9/2022).

Dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2022 kemarin, Gibran mementaskan wayang kulit dengan lakon “Anoman Obong”.

Memanfaatkan waktu 45 menit yang diberikan panitia, penampilan Gibran memukau para juri. Sehingga dia dinobatkan sebagai dalang anak terbaik untuk usia 8-11 tahun.

Gibran mulai menyukai wayang sejak usia 1,5 tahun. Ketika itu sang ayah mengajak anaknya nonton pertunjukan wayang kulit di pesta pernikahan seseorang.

Setiap satu pekan sekali, Gibran belajar ndalang di Sanggar Sarotama Karanganyar pimpinan Mujiyono Skar. Sejak usia 3,5 tahun hingga sekarang, ia masih belajar di sanggar yang berada di Desa Ngringo.

Setelah hajatan besar festival dalang anak tingkat nasional, Gibran akan menyapa dan menginspirasi di acara bincang sejiwa episode ke-90, 2 Oktober 2022 bertajuk Mengenal Dalang Cilik dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.

“Bincang sejiwa merupakan acara ‘online hangout’ untuk orang tua, guru, anak, serta anggota masyarakat peduli anak, dengan tagline ‘Menguatkan Karakter Luhur pada Anak dan kegiatan National Anti-Fraud Conference (NAFC) 2022 di kota Surakarta pada tanggal 3 dan 4 November 2022 yang bertema Mulat Sarira Angrasa Wani,” ujar Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko.

Tujuan umum dari program ini adalah terciptanya keluarga yang bahagia, anak yang tangguh, mandiri, ceria dan kreatif, serta masyarakat yang mampu saling mendukung dan menumbuhkan. (*)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!