26.7 C
Jakarta

Keren! Kepala SD Muhammadiyah Sapen Dinobatkan Sebagai Kepala Sekolah Inspiratif Acer Smart School Award 2021

Baca Juga:

 

JAKARTA, MENARA62.COM – Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Agung Rahmanto, S.H., M.Pd., berhasil menjadi pemenang Acer Smart School Award 2021 kategori kepala sekolah di jenjang pendidikan dasar yang diumumkan Rabu, (15/12) secara online.  Agung berhasil menyisihkan 2165 rekan-rekan kepala sekolah dari 34  propinsi di Indonesia. Pemberian penghargaan dilaksanakan di Bali Meeting Room, Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu, (19/1).

Acer Smart School Awards 2021 merupakan bentuk partisipasi Acer dalam program ini salah satunya dibuat agar sumber ilmu yang dilihat bukan sebatas pada ruang kelas saja, tetapi bisa diluar kelas, seperti online, internet, perpustakaan, serta lingkungan sekitar.

Proses perjalanan Acer Smart School Award 2021 diawali dengan pembuatan best practice tentang perencanaan pelaksanaan dan pengembangan TIK di SD Muhammadiyah Sapen. Langkah berikutnya mengirimkan video implementasi TIK di SD Muhammadiyah Sapen, dan presentasi dan wawancara terkait program smart school yang dilaksanakan SD Muhammadiyah oleh juri inti dari Singapore.

Kabag Humas SD Muhammadiyah Sapen, Ilman Soleh, S.S., M.Pd.I. menyatakan Acer Smart School Awards 2021 didukung oleh Kemendikbud Ristek, Persatuan Guru Republik Indonesia, Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia.

Menurut Ilman, sejak tahun 2011, SD Muhammadiyah Sapen sudah melaksanakan konsep pembelajaran hybrid learning kepada peserta didiknya. Siswa didik, SD Muhammadiyah Sapen dapat mengikuti pembelajaran bersama rekan-rekan yang ada di sekolahnya ketika harus mengikuti kegiatan dinas  orangtuanya di luar negeri.

Pembelajaran yang semula masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam bentuk tatap muka secara langsung antara guru dengan murid mengalami transformasi melalui kegiatan distance learning. Guru hadir di tengah siswa secara virtual.

Pembelajaran hybrid dilaksanakan pada siswa-siswa tertentu yang mengikuti kegiatan dinas orangtuanya.

Pembelajaran hybrid learning menjadi berkembang saat pandemi covid-19 mendera negeri ini. SD Muhammadiyah Sapen melaksanakan pembelajaran hybrid secara menyeluruh untuk semua kelas dari kelas 1 hingga kelas 6. Siswa mengikuti pembelajaran seperti sedia kala tanpa dipisahkan ruang dan waktu.

“Konsep pembelajaran hybrid inilah yang menjadi arah dari roadmap SD Muhammadiyah Sapen dalam mewujudkan grand program dari kelas digital menuju smart school”, ungkap Ilman. SD Muhammadiyah Sapen telah merencanakan konsep pendidikan masa depan dalam konsep smart school sejak tahun 2018, terangnya.

Herbet Ang, President Director Acer Indonesia di Jakarta menyatakan bahwa  Acer menyadari kebutuhan teknologi dalam dunia pendidikan semakin pesat di era serba digital ini.

Edukasi teknologi dan penerapannya sangat diperlukan bagi sekolah dan para pendidik agar mereka dapat semakin adaptif; sekaligus menjadikan teknologi sebagai media untuk berkomunikasi, mengajar, dan membimbing siswa. Acer ingin menjadi enabler yang dapat membantu mempercepat sekaligus memperluas implementasi teknologi di dunia pendidikan melalui Acer Smart School Awards 2021.

Lebih lanjut Herbert Ang menambahkan melalui Acer School Awards 2021, pihaknya berharap pelatihan dan apresiasi yang telah disiapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus pemicu bagi sekolah-sekolah di Indonesia untuk aktif dalam kesiapan menghadapi era edukasi 5.0 melalui transformasi pembelajaran digital. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!