33.3 C
Jakarta

Keren, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Dapatkan Beasiswa Kuliah di University of Birmingham UK Bersaing Dengan 7.500 Mahasiswa

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Kabar membanggakan datang dari Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS). Pasalnya, salah satu mahasiswanya, Muhammad Arkan Muhadzib, mendapat beasiswa kuliah di University of  Birmingham, United Kingdom (UK).
Muhammad Arkan Muhadzib, merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS angkatan tahun 2020. Pria kelahiran Surakarta, 24 Oktober 2002 tersebut, mendapatkan beasiswa dari program IISMA 2022 Scholarship (Indonesian International Student Mobility Awards).
“IISMA merupakan program beasiswa dari pemerintah untuk seluruh mahasiswa Indonesia yang masih semester 4 hingga 6. Semua biaya full dibiayai oleh pemerintah,” ujarnya saat diwawancarai pada Selasa (17/5/2022).
Arkan, sapaan akrabnya, mengatakan dirinya akan berada di Inggris mulai bulan September 2022 hingga Mei 2023. Rencananya, Arkan akan kuliah di University of Birmingham selama satu semester.
“Awalnya University of Birmingham adalah pilihan kedua saya, setelah Universty of Leicester. Tetapi setelah melalui berbagai pertimbangan, saya lebih memilih University of Birmingham,” ungkapnya.
Arkan mengakui dirinya memiliki keinginan mendapatkan beasiswa luar negeri sudah sejak lama. Bahkan sejak awal ia masuk kuliah di UMS, dirinya sudah mempersiapkan semuanya.
Ia menyebut, selama ini dirinya mendapatkan motivasi dari orangtuanya yang pernah mendapatkan beasiswa S2 dan S3 di luar negeri.
“Alhamdulillah dari orangtua selalu mendukung dan memotivasi saya agar bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri,” lanjut Arkan.
Hasil tidak akan mengkhianati usaha, ternyata benar, Arkan dinyatakan lolos beasiswa seusai bersaing dengan 7.500 pendaftar lainnya. Dari sekitar 1.100 peserta yang dinyatakan lolos, Muhammad Arkan Muhadzib salah satunya.
Arkan berpesan kepada mahasiswa lainnya, kesempatan mendapatkan beasiswa bisa didapatkan oleh siapapun. Ia berujar, kuncinya adalah jangan malas, mau berusaha dan berdoa.
“Buat teman-teman mahasiswa, jangan mager. Banyak banget peluang yang bisa teman-teman dapatkan,” ajak Arkan kepada para mahasiswa.
Ia juga mengatakan, UMS selama ini menjadi fasilitator yang sangat mendukung mahasiswanya untuk meraih prestasi, baik akademik maupun nonakademik.
“UMS telah menjadi fasilitator yang sangat mendukung bagi mahasiswanya untuk meraih prestasi, jadi jangan takut bergerak dan berprestasi ya teman-teman,” pungkas Arkan. (Risqi)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!