30.1 C
Jakarta

Keren, Mahasiswi Informatika UMS Siap Paparkan Hasil Penelitiannya di Konferensi Internasional APSEC 2022

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Mahasiswa Sarjana (S1) Teknik Informatika Internasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil lolos untuk mengikuti 29th Asia-Pacific Software Engineering Conference (APSEC 2022) kategori Early Research Achievements (ERA) yang akan dilaksanakan, 6-9 Desember 2022.

Indira Febriyanti lolos dalam proses penyeleksian dan berhasil masuk dalam 14 paper yang diterima untuk ikut serta dalam konferensi International APSEC 2022.

Indira dengan penelitiannya yang berjudul “Visualizing Contributor Code Competency for PyPI Libraries: Preliminary Results” berhasil lolos setelah melalui proses seleksi ketat secara online dari seluruh peneliti di kawasan Asia-Pasifik.

Mahasiswi Teknik Informatika itu mengatakan, penelitiannya dilatarbelakangi oleh hasil analisis terhadap kekhawatiran bahwa python project seperti Python Library yang memiliki sifat open source dapat menjadi usang jika tidak dapat menarik kontributor untuk membantu pemeliharaannya.

“Meskipun Python Library sangat populer dan diandalkan oleh masyarakat, pengembang yang akan melakukan kontribusi selanjutnya tentu tidak yakin dengan kompetensi yang diperlukan untuk mempertahankan Library Python, terutama dalam hal kontribusi dan sejauh mana kode program itu elegan atau disebut dengan istilah pythonic. Maka dilakukanlah penelitian untuk mengkonfirmasi siapa dan di mana kode kompleks diimplementasikan dengan menunjukkan visualisasi untuk menunjukkan hubungan antara tingkat kemahiran kode, kontributor, dan file yang dikontribusi,” kata Indira.

Penelitian tersebut telah Indira lakukan sejak dia melakukan magang di Jepang. Penelitiannya di Laboratorium Software Engineering (Lab SE) di Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Nara, Jepang dibimbing langsung oleh Dr. Raula Gaikovina Kula (Asisten Professor Lab SE, NAIST) dan secara online oleh Dr. Yusuf Sulistyo Nugroho (Dosen Informatika, UMS) selama satu semester.

APSEC merupakan forum internasional bergengsi tentang full-spectrum rekayasa perangkat lunak dan teknologi, khususnya di kawasan Asia-Pasifik.

Pada APSEC 2022, penyelenggaraan konferensi akan dilakukan secara virtual dengan The Special Interesting Group on Software Engineering (SIGSE) of Information Processing of Japan (IPSJ) menjadi tuan rumahnya. (Maysali)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!