27.5 C
Jakarta

Kolaborasi PDNA Kota Surakarta dan Karanganyar Gelar Webinar Penguatan Generasi

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM–  Pimpinan Daerah Nasyi’atul ‘Aisyiyah Kota Surakarta berkolaborasi dengan Pimpian Daerah Nasyi’atul ‘Aisyiyah Kabupaten Karanganyar mengadakan Webinar Bertema “Peran Perempuan Muda dalam Penguatan Iman, Asupan, dan Lingkungan Pendidikan Menyongsong Bonus Demografi 2045”, Sabtu (16/10/2021).

Nasyiyatul Aisyiyah merupakan organisasi Otonom Muhammadiyah di bidang Perempuan dan Anak. Melihat pentingnya penyiapan generasi yang akan datang. Pada webinar yang diselenggarakan Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 09.00 ini mengundang peserta tidak hanya di kalangan Nasyi’atul ‘Aisyiyah di daerah, cabang maupun ranting, tetapi juga kalangan pendidik remaja yakni guru di SMP dan SMA Muhammadiyah di Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar.

Webinar ini mendapat apresiasi baik dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta dan Karanganyar yang turut memberikan sambutan. Webinar ini turut didukung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta DP2KB yaitu Ibu Purwanti, SKM, M.Kes yang memberikan sambutan sekaligus memberi gambaran awal tentang Demografi Khususnya Kota Surakarta.

Pada Materi pertama Dr.Siti Khoiriyah, M.Si menyampaikan tentang “ Lingkungan Seimbang Untuk Menyongsong Bonus Demografi 2045”. Fokus perhatian dalam mempersiapkan Generasi ada di Tripusat Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara, yakni Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat.

Pada uraian ini juga menyampaikan hal penting untuk menjaga remaja dari bahaya pencemaran lingkungan, yaitu Pola Hidup Sehat, Pola Makan Sehat, Peduli Lingkungan, Gemar Belajar, Gemar Memelihara Lingkungan sekitar untuk melatih empati dan memasok oksigen.

Pemateri kedua adalah Ummi Hany eprilia, S. Psi, M.Pd. Dia menyampaikan tentang “ Ibu, Moral, dan Emosi Anak. Pada materi ini diuraikan komunikasi antara Ibu dan Anak ditinjau dari segi Agama dan psikologis. Pada bahasan ini menyampaikan bahwa komunikasi memerlukan Keterbukaan, Empati, dukungan, perasaan positif dan Kesamaan. Dan Komunikasi antara orangtua, guru dan anak dalam pendidikan anak sangat diperlukan.

Pada sisi Asupan generasi, disampaikan oleh Setyaningrum Rahmawaty, M.Kes, P.hD. dengan Judul “Peran Remaja dan Ibu Muda dalam Pencegahan Stunting”. Pada uraian materi ini disampaikan perlunya perhatian usia remaja, yaitu Peningkatan literasi gizi dan Kesehatan yang perlu juga disampaikan oleh sekolah, peka dengan status Gizi, Pentingnya perencanaan keluarga, Kesehatan reproduksi dan Pengasuhan 1000 hari Pertama Kehidupan.

Dari Webinar ini Ketua Pimpinan Daerah Nasyi’atul ‘Aisyiyah Kota Surakarta Frida Alfani Maslahah, M.Pd. menyampaikan harapannya akan ada langkah kerjasama lanjutan baik dengan DP2KB maupun dengan organisasi yang peduli dengan perempuan dan anak. Ketua Pimpinan Daerah Nasy”iatul Aisyiyah Karanganyar Sartini, S.Pd. menambahkan dari webinar ini, para guru yang mengikuti webinar dapat menyampaikan pada para pesta didik untuk lebih peka akan Lingkungan, agama, dan Kesehatan. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!