25.5 C
Jakarta

LazisMu Buka Posko dan Salurkan Sembako Kepada Penyintas Gempa Turki

Baca Juga:

 

HASSA, MENARA62.COM – Aksi kemanusiaan Muhammadiyah untuk membantu warga terdampak gempa di Turki terus berlanjut. Pada Ahad (19/02), tim Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki menginisiasi berdirinya Posko Lazismu. Aksi ini diawali dengan peluncuran tim kedua setelah sebelumnya mengirimkan tim untuk membantu proses penerjemahan di Rumah Sakit Lapangan Indonesia (RSLI) yang berada di Kota Hassa, Provinsi Hatay, Turki.

Pengiriman tim kedua KL Lazismu PCIM Turki ini dengan membawa kelengkapan berdirinya Posko Lazismu. Sehari kemudian pada Senin (20/02), Posko Lazismu pun berdiri di antara tenda-tenda Emergency Medical Team (EMT) Muhammadiyah. Tujuan didirikannya posko ini adalah untuk memudahkan penyaluran bantuan berupa logistik kepada warga yang mengungsi di sekitar RSLI, sesuai dengan semangat “Memberi Untuk Negeri” Lazismu yang tidak hanya berbagi pada warga Indonesia, namun juga kepada warga dunia.

Tri Julia Wulandari selaku Staf Administrasi KL Lazismu PCIM Turki yang menjadi relawan di lapangan menyebutkan, selain menyediakan bantuan paket sembako kepada warga terdampak gempa, posko ini juga memberikan layanan psikososial kepada anak-anak penyintas. Untuk paket sembako, para relawan harus berbelanja ke kota terdekat dengan waktu tempuh 3 sampai 4 jam. Sembako ini kemudian dibungkus dan dibagikan keesokan harinya. “Jadi ada selang-seling hari untuk belanja paket sembako dan juga untuk pembagian atau pengadaan paket sembakonya,” jelasnya.

Relawan Lazismu PCIM Turki memberikan bantuan kepada penyintas

Posko Lazismu, lanjut Julia, dibuka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 9 malam waktu setempat. Para relawan pun bergantian untuk bertugas di posko dan mengantarkan bantuan langsung kepada warga yang berada di pengungsian. Selain lokasi pengadaan bantuan yang cukup jauh, kendala lain yang dihadapi para relawan adalah kurangnya tenaga penerjemah, armada transportasi, serta sinyal seluler yang sulit didapat.

Keberadaan Posko Lazismu ini disambut baik oleh warga Turki. Seperti yang dituturkan oleh salah satu penyintas, ia pun mendoakan keberkahan bagi para relawan. “‘Teşekkürler, Allah Razi olsun‘ yang artinya ‘Terima kasih banyak, semoga Allah memberkati kalian’,” ucap satu penyintas yang mengunjungi Posko Lazismu pada Selasa (21/02).

Lazismu terus membuka kesempatan bagi para muzakki untuk menyalurkan infak terbaiknya guna membantu para penyintas gempa di Turki melalui:

BSI 9153 944 400
BCA 8780 171 171
Mandiri 1230 099 008 999
Muamalat 3250 191 211
Mega Syariah 1000 014 800

Rekening atas nama Lazis Muhammadiyah, sertakan Kode Unik “010” pada 3 digit terakhir nominal infak, misal Rp. 50.010,-. Konfirmasi dapat malalui SMS/Whatsapp ke nomor 0856 1626 222.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!