27.4 C
Jakarta

Lazismu UMS Beri Beasiswa Pada Mahasiswa Terdampak Pandemi Covid-19

Baca Juga:

 

PABELAN, MENARA62.COM – Eva Nursifa Fauziah Suwandi, mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima Beasiswa Sang Surya dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LazisMu) pada Rabu (11/8/2021).

Ketua LazisMu UMS, Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag menjelaskan, beasiswa yang diberikan oleh LazisMu bertujuan untuk membantu Eva yang telah kehilangan kedua orang tuanya di masa pandemi Covid-19. Beasiswa berupa pembayaran SPP penuh selama masa perkuliahan hingga semester ke-8.

Selain itu, Mahasri Shobahiya juga menambahkan bahwa program beasiswa ini tidak ada proses seleksi, melainkan dipilih berdasarkan kriteria tertentu. “Program ini tidak berdasarkan seleksi, tetapi jika ada mahasiswa yang telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu salah satunya seperti Mbak Eva, maka akan kami bantu,” tambahnya.

Mahasri menjelaskan Beasiswa Sang Surya berawal dari Gerakan Sabtu 1000 yang bekerja sama dengan BEM Fakultas, Mentoring, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang dilakukan sebelum pandemi Covid-19. Gerakan ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswa yang layak dibantu untuk kelancaran studi.

Selanjutnya, karena terhentinya Gerakan Sabtu 1000 karena pandemi, LazisMu mengambil kebijakan untuk memanfaatkan Dana ZIS dari potongan zakat dosen dan karyawan untuk membantu mahasiswa yang terdampak secara ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Eva Nursifa mengungkapkan bahwa dia sangat terbantu dikarenakan ayahnya telah tiada sehingga tidak ada pemasukan. “Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan adanya Beasiswa Sang Surya ini, karena ayah sudah wafat dan beliau satu-satunya yang mencari nafkah, sehingga tidak ada pemasukan sejauh ini,” kata Eva. (Ilyas)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!