31.9 C
Jakarta

Mahasiswa PAI UMS Tim Pejuang Hidrasi pada Kompetisi Voice of Youth Challenge 2023 Adakan Kampanye Sadar Hidrasi

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tim Pejuang Hidrasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Kompetisi Voice of Youth Challenge 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Penerapan Ilmu Administrasi (LPPIA) Universitas Indonesia (UI) dan Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) UMS, telah mengadakan program kampanye sadar hidrasi yang bertemakan Hydrated Z: Menggapai Mimpi Kini Hingga Nanti.

Sebelumnya, tim yang beranggotakan Sakana Tiswi Miswala, Amara Nairani Safhira, dan Habibi Fadzlurrahman, merupakan mahasiswa Prodi PAI UMS. Mereka telah mengikuti seleksi yang kompetitif oleh LPPIA UI dari puluhan tim lainnya. Tim Pejuang Hidrasi akhirnya dinyatakan lolos menjadi salah satu dari 10 besar tim yang mendapatkan pendanaan dari proposal yang telah diajukan. Melalui fasilitas tersebut, tim pejuang hidrasi sukses menyelenggarakan kampanye sadar hidrasi di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta.

Menurut Pembimbing Hibah, M. Zakki Azani, Ph.D., menyatakan bahwa 3 mahasiswa PAI-UMS tersebut adalah menjadi satu-satunya dari perwakilan dari Universitas Islam Swasta yang terpilih pada kompetisi itu. “Ini merupakan salah satu kesyukuran dan prestasi yang perlu diapresiasi,” ungkap Zakki yang sekaligus Kepala Program Studi (Kaprodi) PAI UMS, Rabu, (29/11).

Kampanye itu dilaksanakan pada Jum’at, 24 November 2023. Turut diundang pada acara tersebut, Dosen Ilmu Kesehatan UMS, Sri Indra Kurnia, S.KM., M.PH., memberikan motivasi dan sharing dengan tujuan menambah pengetahuan peserta tentang sadar hidrasi serta menanamkan kesadaran untuk memenuhi asupan air dalam tubuh setiap harinya.

“Sosialisasi sadar hidrasi ini sangat penting untuk diadakan karena tingkat kesadaran hidrasi masyarakat Indonesia terutama anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah masih rendah. Padahal, dengan berikhtiar memenuhi kebutuhan air dalam tubuh akan menambah kefokusan anak-anak dalam belajar, mengoptimalkan seluruh aktivitas dalam setiap harinya dan dapat menjaga kesehatan tubuh di masa produktif anak-anak,” jelas Sri.

Guru sekaligus Humas MA Al-Islam Jamsaren Surakarta, Kukuh Nugroho, S.Pd.i., dalam kegiatan itu mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa UMS itu tidak hanya menambah pengetahuan siswa dan siswi kelas XI terkait Hidrasi, namun juga meningkatkan kesadaran mereka untuk tidak lupa minum air yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan air.

Kukuh juga berharap, kegiatan itu terus berlanjut di kelas maupun sekolah lain, karena hidrasi sangat penting dalam menjaga tubuh tetap sehat sehingga dapat optimal dalam proses belajar para siswa dan siswi di sekolah. “Semoga kampanye sadar hidrasi ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta dan panitianya,” pungkas Kukuh. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!