32.6 C
Jakarta

Makin Bersinar, Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo Raih Penghargaan

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Beberapa waktu yang lalu, Weni Hastuti, M.Kes, Ph.d., rektor Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta, dinobatkan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Tengah dalam kategori Student Body 3.000 mahasiswa.

Penghargaan ini merupakan penghargaan dalam ajang Academic Leadership Awards Tahun 2024 yang diluncurkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah.
Weni Hastuti mengatakan, penghargaan ini merupakan Penghargaan Kepemimpinan Akademik LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah yang pertama dan tertinggi yang diterima oleh ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

Hal ini menunjukkan bahwa ITS PKU Muhammadiyah  Surakarta memiliki kualitas yang unggul dibandingkan perguruan tinggi lainnya.

 

Bagi Weni, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan masyarakat melalui LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah terhadap ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

Hal ini dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi kampus, seperti meningkatkan kepercayaan masyarakat.

 

Oleh karena itu, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta  menjadi pilihan terbaik bagi lulusan SMA/SMK.

 

“Kami sangat berterima kasih. Hal ini semakin memotivasi kami untuk mencapai hasil yang lebih baik dan meningkatkan kinerja,” kata Weni, Selasa (11/6/2024).

 

Dijelaskannya, ada dua aspek yang dinilai dalam Penghargaan Kepemimpinan Akademik bagi dosen yang mempunyai tugas tambahan sebagai rektor.

 

Aspek ini menyangkut latar belakang/prestasi pribadi yang berkaitan dengan Tri Dharma perguruan tinggi serta prestasi akademik dan non akademik. Penilaian untuk aspek ini adalah 40%.

 

Aspek lainnya adalah neraca organisasi yang rasio penilaiannya sebesar 60%. Mengevaluasi aspek jam supervisi institusi antara lain peningkatan mutu/status akreditasi, penambahan jumlah dokter, guru besar, publikasi ilmiah, jaringan, dan evaluasi indikator kinerja utama (IKU).

 

“Kami sangat bersyukur telah menerima penghargaan ini, namun tentunya kami belum puas. Banyak hal yang perlu diperbaiki. Tidak hanya untuk meraih penghargaan tersebut tetapi juga untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap kami (ITS PKU Muhammadiyah Surakarta),” kata Weni.

 

Melanjutkan segudang prestasi yang diraih ITS PKU Muhammadiyah Surakarta pada tahun 2024 dan tahun-tahun sebelumnya.

 

Keberhasilan tersebut tidak hanya diraih secara institusional/kelembagaan namun juga diraih oleh individu dosen dan mahasiswa, baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

 

Prestasi tersebut antara lain ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai Kampus Kesehatan Terbaik SBBI Solopos Media Group 2022 dan 2023.

 

Penghargaan ini memberikan dampak yang sangat positif seperti meningkatkan kepercayaan masyarakat, membantu PKU ITS Surakarta menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendalami bidang kedokteran dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

“Kami punya target. Dalam waktu dekat, kami akan menambah lebih banyak fakultas, khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Ini mencakup jurusan sarjana di bidang hukum, psikologi, dan manajemen. Secara kelembagaan, kami juga akan bertransformasi menjadi perguruan tinggi melalui merger dengan PTS (perguruan tinggi swasta) di Palembang,” jelas Weni.

 

Sedangkan dalam jangka menengah, ITS PKU Muhammadiyah akan menata sarana dan prasarana. Upaya ini bertujuan untuk mencapai tujuan jangka panjang ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mendapatkan pengakuan yang lebih tinggi. ITS PKU Muhammadiyah Surakarta  akan menjawab tantangan ke depan yang semakin sulit karena banyak kompetitor yang memiliki kualitas tersendiri.

 

“Tetapi kami tetap optimis karena kami memiliki sumber daya yang luar biasa,” kata Weni. (*)

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!