27.3 C
Jakarta

Mantap! Perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Raih Akreditasi A

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Perpustakaan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo meraih predikat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), setelah melalui proses visitasi oleh tim asesor Perpusnas RI, Rabu (6/12/2023). Kepastian capaian akreditasi ini didapatkan setelah pihak sekolah menerima salinan sertifikat akreditasi elektronik dengan nomor: 6066/I/PPM.02/XII/2023, Senin (4/3/2024).

Status akreditasi ini berlaku selama lima tahun ke depan terhitung mulai tanggal 21 Desember 2023. Instrumen penilaian akreditasi Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas sembilan komponen, yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca, dan indeks pembangunan literasi masyarakat.

Didampingi Nanik Aminah dan Amir Santoso dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Solo, penilaian akreditasi dibagi menjadi dua tahap. Komponen 1 – 4 didampingi Agus Supriatna dan komponen 5 – 9 didampingi Nori Safitri, keduanya merupakan tim asesor dari Perpusnas RI. Setiap komponen terdapat satu guru yang bertindak sebagai koordinator dan tiga guru sebagai anggotanya.

Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Nursalam, menyampaikan rasa syukurnya atas capaian akreditasi ini. Prestasi ini merupakan buah dari kolaborasi antara pustakawan, guru, murid, orang tua, stakeholder, dan kolaborasi semua pihak dalam mewujudkan perpustakaan sekolah yang lengkap, aman, dan nyaman. Akreditasi ini juga menjadi tantangan dan peluang untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan.

“Sistem digitalisasi dalam pencarian dan bahan bacaan koleksi buku dapat diakses melalui aplikasi PK E-Library. Bagi murid, yang ingin meminjam dan mengembalikan buku dapat dilayani menggunakan kartu pelajar multifungsi atau dikenal dengan PK Excard 4,” terangnya.

“Pustaka PK” nama yang dijadikan ikon Perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo memiliki beberapa program unggulan, antara lain pengadaan pojok baca tiap kelas, pemilihan duta baca setiap bulan sekali, kegiatan baca keliling (baling-baling) setiap enam bulan sekali, penghargaan pemustaka aktif, pengadaan kafe literasi, pemakaian PK Excard 4 untuk peminjaman dan pengembalian buku, dan kunjungan perpustakaan keliling setiap bulan sekali bekerja sama dengan Dispersip Kota Solo.

Bella Berliana, selaku kepala Pustaka PK, menyampaikan koleksi buku yang tersedia untuk saat ini ada 3000 eksemplar meliputi: Komputer, Informasi, Referensi Umum, Agama, Ilmu Sosial, Bahasa, Sains dan Matematika, Teknologi, Seni dan Rekreasi, Sastra, Sejarah dan Geografi.

“Kami terus menjalin jejaring untuk meningkatkan budaya literasi dan giat belajar berkunjung ke Pustaka PK. Penambahan koleksi buku juga terus kami upayakan sebagai salah satu bentuk peningkatan kualitas pelayanan,” ucapnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!