28 C
Jakarta

Pengaruh Revolusi Industri 4.0 bagi Pendidikan akan Dibahas pada ISODEL 2018

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi akan menggelar International Symposium on Open, Distance and E-Learning (ISODEL) tahun 2018. Kegiatan yang digelar 3-5 Desember di The Stones Hotel Legian, Bali tersebut rencananya menampilkan 56 pembicara dari dalam dan luar negeri serta 4 menteri.

Beberapa pembicara penting adalah Ketua Dewan TIK Nasional Dr. Ing. Ilham Habibie, Guru Besar Universitas Terbuka Prof. Tian Belawati dan lainnya.

“Tiga menteri sudah konfirm hadir, yakni Mendikbud, Menteri Kominfo, dan Menteri Keuangan. Sedang Mendagri masih kita konfirmasi ulang,” kata Gogot, Senin (26/11).

Hingga saat ini sudah 877 peserta terdaftar dan akan mengikuti berbagai sesi ilmiah tersebut. Mereka berasal dari kalangan akademisi, guru, dosen, birokrat, ilmuwan dan sektor swasta.

Mengambil tema Making Education 4.0 For Indonesia, Gogot menilai even ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.

“Ini adalah momen tepat untuk memetakan kekuatan dan posisi sektor pendidikan kita,” kata Gogot.

Revolusi industri 4.0 diakui tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis. Dunia pendidikan pun terkena pengaruhnya. Karenanya dunia pendidikan harus melakukan berbagai upaya adaptasi dan inovasi agar revolusi industri 4.0 memberikan manfaat yang besar.

Konsep ISODEL tahun ini berbeda dengan konsep dua tahun lalu. Dimana tahun ini ISODEL menggabungkan tiga format acara menjadi satu kesatuan yakni simposium, worshop dan pameran. Terdapat sekitar 22 booth pameran yang akan ambil peran.

Gogot menjelaskan ISODEL 2018 akan menampilkan berbagai topik dan subtopik diantaranya teknologi pendidikan dalam revolusi industri 4.0, transformasi pendidikan digital, membangun karakter melek digital dan pendidikan kejuruan.

ISODEL itu sendiri merupakan hasil kerjasama antara Pustekkom, Universitas Terbuka, UNESCO, ICDE, SEAMEO Cnetre dan IDLN. Salah satu materi menarik yang akan dibahas adalah isu tentang pengembangan kompetensi guru menghadapi era revolusi industri 4.0.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!