29.6 C
Jakarta

Perkuat Ekosistem Cashless, BNI Gandeng Indomaret

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus memperkuat ekosistem cashless society guna memaksimalkan potensi pemulihan ekonomi.

Adi Sulistyowati, Wakil Direktur Utama BNI mengatakan kali ini BNI menggandeng Indomaret Group untuk mengembangkan layanan pembayaran nontunai dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam memberi kemudahan bagi masyarakat.

BNI dan Indomaret menghadirkan pembayaran nontunai dengan menggunakan QRIS BNI Mobile Banking. Super app BNI ini akan mampu melakukan pembayaran belanjaan di toko Indomaret dengan hanya menunjukkan QRIS yang tersedia pada aplikasi BNI Mobile Banking ke kasir Indomaret.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menyampaikan Indomaret adalah jaringan minimarket terbesar di Indonesia yang memiliki basis pelanggan dan transaksi yang besar. Perusahaan ini memiliki jaringan lebih dari 20.000 gerai tersebar di Indonesia dan telah menjadi one top market yang menjual kebutuhan masyarakat di semua segmen.

BNI pun berharap dapat membantu masyarakat untuk dapat bertransaksi lebih cepat dan sederhana dengan berbagai channel digital khususnya QRIS.

“Kolaborasi bersama mitra bisnis kami ini merupakan salah satu strategi BNI dalam memperluas akseptasi transaksi nontunai dengan QRIS di Indonesia. Semoga kolaborasi ini mampu memberikan dampak lebih positif pada masyarakat serta BNI dan Indomaret sebagai penyedia layanan,” ujar Adi Sulistyowati dalam keterangannya, Jumat (12/8/2022).

Susi menuturkan perseroan sangat mendukung gerakan nontunai dari Bank Indonesia. Oleh karena itu, BNI proaktif untuk mengajak lebih banyak lagi masyarakat Indonesia khususnya nasabah yang berada dari Sabang sampai Merauke.

“BNI sendiri telah memiliki fitur QRIS di BNI Mobile Banking yang ke depannya akan mampu meningkatkan kecepatan transaksi sehingga diharapkan memperbesar transaksi dan konsumsi masyarakat,” sebutnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, Marketing Director PT Indomarco Prismatama Darmawi Alie melanjutkan transaksi nontunai memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, di antaranya meminimalisir penularan virus melalui media fisik (uang tunai).

“Kami tentunya menyambut baik ajakan kerja sama BNI ini. Tentunya langkah ini juga sesuai dengan Indomaret memiliki tagline mudah dan hemat, kemudahan berbelanja di Indomaret terus kami tingkatkan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Banjir Promo BNI Mobile Banking di Indomaret

Pelanggan Indomaret lebih hemat jika berbelanja menggunakan QRIS BNI Mobile Banking dengan potongan harga Rp5.000,- setiap weekend. Promo ini berlaku dari 12 Agustus – 2 Oktober 2022.

Adapun Program Spesial Edisi HUT BNI, pelanggan Indomaret memperoleh diskon Rp17.700,- pembelian produk groceries dan potongan Rp7.700,- all varian Kopi Baper Point Coffee yang berlaku hanya 4 hari sejak 15 – 18 Agustus 2022.

Hingga Juli 2022, sudah terdapat 20.500 merchant BNI yang menerima akseptasi transaksi QRIS. Selain itu, transaksi QRIS BNI Mobile Banking juga terus meningkat.

Dibandingkan Q1 tahun 2022, terdapat lebih dari 560.000 transaksi QRIS di BNI Mobile Banking, sedangkan di kuartal kedua 2022, transaksi QRIS meningkat 82% secara tahunan menjadi lebih dari 1.030.000 transaksi.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna BNI Mobile Banking yang terbiasa menggunakan QRIS untuk transaksi atau menerapkan transaksi nontunai.

Seperti diketahui, minimarket Indomaret menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai.

November 2016 Indomaret menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai “Perusahaan Waralaba Utama”. Sebelumnya, tahun 2003 penghargaan yang sama diterima dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Tahun 2017 keempat kalinya Indomaret meraih penghargaan tingkat Asia Pasifik. Dua penghargaan dinobatkan kepada Indomaret, “Gold Award” sebagai Peringkat 1 Top 10 Retailers di Indonesia & Best-of-the-Best Top Retailers Asia Pacific. Penghargaan dari Majalah Retail Asia ini berdasarkan riset dan analisa yang dilakukan oleh Euromonitor, lembaga riset pasar strategis terkemuka di dunia.

Hingga Juli 2022, Indomaret mencapai 20.365 toko, tersebar di Jawa, Bali, Lombok, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera, Batam, Sulawesi, Papua dan Kalimantan. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.

Indomaret melayani payment point berbagai merchant/ biller (transportasi, multi finance, e-commerce, PDAM, dan lain sebagainya). Untuk memudahkan dalam transaksi belanja dan pembayaran payment point, Indomaret memiliki alat pembayaran virtual yaitu i.saku yang memberikan promosi dan keuntungan yang menarik. Memberikan kemudahan pelanggan, Indomaret menyediakan program membership Indomaret Poinku yang dilengkapi dengan beragam fitur menarik. Tak hanya belanja secara langsung di toko, pelanggan dapat lebih mudah belanja melalui aplikasi online Klik Indomaret. Mengembangkan inovasi yang memudahkan pelanggan, Indomaret hadir sebagai minimarket pertama yang melayani sistem drive thru.

Sementara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 dan menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955.

Hingga Juni 2022, BNI memiliki 2.188 outlet dalam negeri yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/kota serta 8 outlet luar negeri yang tersebar di berbagai negara. BNI memiliki 23 Commercial Business Center (SBK), 27 SME Business Center (SBE), serta 12 Consumer Loan Center (SKK). BNI juga memiliki jaringan Agen46 (Branchless Banking) di 161.074 lokasi.

BNI kini memiliki 16.374 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 521 kabupaten. Jaringan ATM tersebut juga dapat melayani transaksi kartu debit dengan logo antara lain GPN, Link, ATM Bersama, dan Prima. Selain di dalam negeri, BNI juga memiliki 10 ATM di luar negeri, yaitu 8 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura.

BNI sebagai holding perusahaan telah memiliki 6 anak perusahaan yaitu BNI Multifinance (pembiayaan), BNI Life (perasuransian), BNI Remittance Ltd. (remitansi), dan BNI Sekuritas (pasar modal), BNI Ventures (modal ventura), dan Bank Mayora. BNI Asset Management (Manajer Investasi) dan BNI Securities Pte. Ltd. merupakan anak perusahaan dari BNI Sekuritas.

[

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!