31.5 C
Jakarta

Perpaduan Wayang dan Tarian dari Mahasiswa, jadi Sajian Menarik Masta Universitaria UMS Hari Kedua

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tidak kalah meriah, Masa Ta’aruf (Masta), Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelombang 1 hari ke dua ditampilkan berbagai atraksi dari mahasiswa UMS di sela-sela materi Universitaria pada Rabu, (2/8) di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS.

Salah satu penampil pertunjukan Wayang, Adam Ghifari selaku dalang menyampaikan sajian yang menampilkan, wayang Gen Z dengan judul ‘Bagong Kuliah’.

“Alur yang disampaikan pada lakon kali ini, lebih meyakinkan pada sosok Bagong, bahwa Petruk sebagai kakaknya tidak salah memilihkan kampus untuk adiknya di UMS, dengan bukti dan alasan dari mahasiswa secara langsung,” papar Adam yang tercatat sebagai Mahasiswa Psikologi itu.

Konsep dari penampilan tadi, lanjutnya, perpaduan antara wayang dan tarian dari mahasiswa UMS.

“Awal mulanya kami yang punya ketertarikan pada dunia seni yang tergabung dalam komunitas yang ada di fakultas diminta oleh bagian kemahasiswaan untuk tampil di Masta PMB 2023 ini,” ungkapnya.

Adam berharap, mahasiswa baru dapat memanfaatkan peluang yang ada di UMS, karena ada banyak peluang untuk dapat mengembangkan potensi.

“Saya merasa menyesal mengapa tidak memanfaatkan kesempatan itu dari awal, harusnya dulu saya tancap gas dari awal. Baru di semester-semester akhir ini saya aktif, tentu membuat saya menyesal,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Konten Acara Masta PMB 2023, Drs., Iswahyudi Tejo Yuwono, M.Sn., menyampaikan konsep Masta Universitaria ini banyak materi. Agar tidak bosan, maka diselingi beberapa tampilan dari mahasiswa UMS.

“Nah pada penampilan wayang tadi, sesuai konsep besar kita yaitu keberagaman nilai-nilai nusantara. Wayang Gen Z tadi, dari tim hanya memberikan arahan dan memantau saja, untuk konsepnya kita serahkan kepada mereka,” papar Iswahyudi, Dosen UMS itu.

Wayang tadi, tambah dia, menginspirasi mahasiswa baru untuk meyakinkan mereka mengembangkan minat dan bakat serta prestasi di UMS ini.

“Melihat berbagai potensi yang dimiliki oleh ribuan mahasiswa UMS menjadi tantangan bagi kami untuk dapat memilah dan memilih penampil di acara Masta PMB. Dengan kegiatan ini, kita dapat mewadahi mahasiswa dalam berkreasi,” jelasnya.

Pada Masta Universitaria ini, antusiasnya luar biasa dan sangat apresiatif dengan apa yang disajikan oleh UMS dalam penyambutan mahasiswa baru 2023/2024. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!