24.6 C
Jakarta

PKM UAD Latih Cyber Security Anggota PCNA dan PCPM

Baca Juga:

BANTUL, MENARA62.COM — Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (PKM UAD) memberikan pelatihan Cyber Security kepada anggota Pimpiman Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) dan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Banguntapan Utara, Bantul. Tim yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ahad (10/10/2021).

Tim Pengabdian terdiri Dr Imam Riadi (Ketua), Miftahurrahma Rosyda, SKom, MEng dari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) UAD; Mufti Khakim, SH, MH dari Fakultas Hukum. Selain itu, juga melibatkan beberapa mahasiswa UAD.

Dijelaskan Imam Riadi, kegiatan dilaksanakan bulan Maret hingga Oktober 2021. Rangkaian kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang Cyber Security dalam Media Sosial, Juni 2021. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan Cyber Security dengan menggunakan aplikasi berbasis mobile.

“Aplikasi Cyber Security karya Tim PKM UAD dalam penggunaan media sosial dibuat cukup sederhana. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tidak kesulitan dalam menggunakannya,” jelas Imam Riadi.

Sedang Mufti Khakim mengharapkan aplikasi ini dapat memberikan manfaat kepada pengguna media sosial, khususnya PCNA dan PCPM Banguntapan sehingga dapat menggunakan media sosial secara bijak dan cerdas. “Supaya generasi muda dan milenial, khususnya AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) Banguntapan Utara dapat lebih hati hati dan memahami hal-hal yang melanggar hukum dalam menggunakan media sosial,” kata Mufti Khakim.

Miftahurrahma Rosyda menambahkan pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa Prodi Sistem Informasi, Adri dan Ariqah. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa pengabdian dan juga sebagai latihan langsung praktek di lapangan mahasiswa.

“Mengingat masih pandemi covid 19 dan memperhatikan Prokes maka kegiatan dilakukan secara offline dan online melalui kanal Youtube Media Center AMM Banguntapan Utara,” kata Miftahurrahma Rosyda.

Sementara Yono, Ketua PCPM Banguntapan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Tim PKM UAD. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, khusunya Angkatan Muda Muhammadiyah dan masyarakat pada umumnya,” kata Yono.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!