26 C
Jakarta

Prodi Pendidikan Biologi UMS Ajukan Perpanjangan Akreditasi Unggul

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan assesmen lapangan dengan agenda perpanjangan akreditasi Program Studi Pendidikan Biologi, Kamis dan Jum’at (30-31/2023) yang berlangsung di ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah dan melalui platform G-Meet.

Acara tersebut melibatkan seluruh dosen, civitas akademika dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, serta Tim Penjamin Mutu FKIP. Dengan agenda Assesmen lapangan oleh Prof., Dr., Muslimin Ibrahim, M.Pd., dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan Dr., Saefudin, M.Si., dari Universitas Pendidikan Indonesia, sebagai Tim Assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK).

Sebelum verifikasi dilakukan, Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., menyambut para assesor melalui platform daring dan menyampaikan bahwa ada 13 Prodi di FKIP yang telah berpredikat Unggul, dengan didukung SDM yang matang dalam Ilmu Pendidikan.

“Khusus untuk FKIP sudah memiliki 13 Prodi Unggul, yang jika dipresentasekan mencapai 81,25%. Dan yang menggembirakan lagi, FKIP UMS didukung dosen senior, dan banyak guru besarnya,” jelas Sofyan Anif.

Pada 2021 Prodi Pendidikan Biologi mengajukan konversi Akreditasi dari status A menjadi Unggul sesuai Nomor SK 12805/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021, dan akan kadaluarsa pada Juli 2023 mendatang.

Pada kesempatan lain, Ketua Prodi Pendidikan Biologi, Putri Agustina, S.Pd., M.Pd., menyampaikan proses perpanjangan Akreditasi telah berlangsung dari Juli 2022 lalu dan mulai pengajuan dokumentasi pada Februari 2023.

Putri menambahkan dengan adanya perpanjangan ini, dia berharap Prodi Biologi dapat mempertahankan Akreditasi Unggul.

“Harapannya Prodi Biologi dapat mempertahankan Akreditasi Unggul, yang nantinya akan meningkatkan kualitas sesuai dengan rekomendasi para assesor. Supaya ketika akreditasi lagi pada 5 tahun mendatang, kita sudah siap,” ujaar Putri.

Dia juga mengungkapkan pihaknya masih menunggu instruksi dari fakultas, untuk mengajukan akreditasi internasional dari The Accreditation Agency for Study Programs in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN). (Eva)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!