25.2 C
Jakarta

Rektor UMS Harapkan Talenta Hebat Robotika UMS Mampu Bersaing Sampai Internasional

Baca Juga:

SOLO- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang saat ini sudah pada babak Seleksi Wilayah I dan II yang berlokasi di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan total peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) kali ini terdapat 317 tim dan UMS mengirim 4 tim untuk ikut serta dalam perlombaan.
 “Anak anak bangsa ini yang harus kita hargai, mereka para peserta tentu punya talenta-talenta hebat merancang dan memprogramer robotnya,” tutur Sofyan Anif, saat melakukan jumpa pers, Senin (27/5/2024).
Sofyan Anif yakin bahwa Indonesia mampu bersaing tidak hanya secara nasional namun juga secara internasional seperti dengan Cina.
Selaku Rektor dia bangga dengan peserta tim yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini, baik tim dari UMS maupun tim dari perguruan tinggi lainnya.
“Karir momentum yang sangat menggembirakan sekaligus menjukkan ekstensi bangsa kita tidak tertinggal jauh dengan negara lain,” tegas Rektor UMS.
Rektor UMS juga berharap, UMS mampu mendapatkan juara, dan semoga ke depannya semakin meningkat hingga level international.
Di hadapan awak media, Ketua Dewan Juri KRI 2024 Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., mengatakan bahwa pada tahun ini KRI mengusung tema baru untuk Divisi yaitu Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yaitu Robot Pemilah Sampah,  dan baru pertama kali dilombakan di UMS ini.
“Kalau dari yang rumit itu (KRTMI) karena temanya baru dilakukan, bagaimana robot dapat memisahkan sampah dan menggunakan AI didalamnya,” ujar Ketua Dewan Juri KRI 2024. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!