27 C
Jakarta

Rektor Untar: KBGI 2022 Ajang bagi Mahasiswa Ciptakan Karya Bangun Anti Gempa 

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Agustinus Purna Irawan mengatakan bahwa Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) tahun 2022  akan menghasilkan output berupa sebuah prototipe gedung hasil dari rancangan bangunan gedung yang dibuat oleh mahasiswa. Prototipe tersebut juga akan diuji untuk mengetahui ketahanannya terhadap gempa bumi.

“Outputnya mereka membuat rancangan dan restorasi, kemudian dipraktikkan rancangan mereka dalam bentuk fisik, dan dilihat apakah ada kesesuaian antara rancangan dengan bentuk fisik,” terang Agustinus usai membuka KBGI 2022 di Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi tuan rumah Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) tahun 2022. Perhelatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek, diikuti oleh 13 perguruan tinggi yang terdiri dari 16 finalis untuk kategori baja dan beton.

Agustinus menyebut hasil project mahasiswa ini bukan tidak mungkin akan dilirik oleh dunia industri. Namun, tetap memerlukan penyesuaian sesuai standar yang ada ketika diimplementasikan.

“Kalau mahasiswa masih ideal sekali, hitungannya ketat, simulasinya, tapi di lapangan ada penyesuaian. Nah itulah, apakah penyesuaian itu merugikan atau tidak. Kalau hanya sekadar menghasilkan produk kemudian dilepas begitu saja punya keuntungan, tanggung jawab moral itu yang sangat membahayakan,” ujar Agustinus.

Sementara itu, Koordinator Kerjasama Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Rizal Alfian menyebut kegiatan KBGI 2022 merupakan bagian dari upaya pemerintah memfasilitasi talenta yang ada di perguruan tinggi.

Hal ini dinilai penting agar mahasiswa memiliki wadah dalam menunjukkan karya dan kompetensinya, sekaligus bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Mereka mencipta karya, dengan adanya project yang dilakukan mereka betul-betul akan merasakan bagaimana nanti di dunia profesi seperti pekerjaan di realitanya,” tutup Rizal.

KBGI 2022 ini diikuti 13 perguruan tinggi yaitu: Universitas Tarumangara, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Pontianak, Universitas Jember, Universitas Lampung, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Malang.

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!