33.2 C
Jakarta

Respon MDMC Kulon Progo Tanggap Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Baca Juga:

KULON PROGO, MENARA62.COM – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang di sejumlah kapanewon di Kabupaten Kulon terjadi pada tanggal 13-14 Oktober 2022 menyebabkan tanah longsor yang mengakibatkan sejumlah rumah rusak berat dan akses jalan tertutup longsoran serta air tergenang. Kondisi tersebut direspon cepat oleh MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) atau LPB (Lembaga Penanggulangan Bencana) PDM Kulon Progo yang merupakan lembaga penanggulangan bencana dengan sigap melakukan assessment dilanjutkan dengan pendirian Poskor Muhammadiyah bertempat rumah Unarwibowo, Jl Abudini, Jombokan, Temon. Pendirian Poskor tersebut guna memudahkan koordinasi penanggulangan bencana.

Sunarwibow, Ketua MDMC Kulon Progo mengatakan sejumlah relawan yang terdiri dari KOKAM Kalibawang,  Kokap ,Panjatan, MDMC Kulon Progo serta relawan UMY Yogyakarta berkoordinasi serta melakukan kerja bakti membuka akses jalan 5 titik yakni akses Duren Sawit, Banjaroyo, Kalibawang serta Kokam. “Kami juga melakukan pembersihan enceng gondok yang menutupi akses jalur air di Garongan, Panjatan,” katanya.

Di tengah medan perbukitan yang curam berbekal alat pelindung diri, helm,  sepatu boot dan peralatan seperti cangkul,skop, angkong, gergaji mesin,parang dan lainnya akhirnya menuju titik lokasi kejadian dan bersama masyarakat   tanpa kenal lelah mengkondisikan tanah longsor.

Dari sejumlah relawan yang terlibat dalam respon bencana kali ini ada sosok Upiyo Al Hasan anggota KOKAM aktif dan juga Wakil Ketua DPRD Kulon Progo yang terjun langsung bersama relawan dan warga setempat bahu membahu membuka akses jalan yang tertimbun longsor. Hal ini tidak hanya pada kali ini saja  namun keterlibatannya secara aktif  dalam berbagai kegiatan yang di lakukan di lingkungan Muhammadiyah Kulon Progo.

Selain itu respon ini juga didukung dengan Jeep Willys 4 x 4 dan Ambulance Emergency Elf MDMC Kulon Progo, Ambulance L300 PKU Muh Wates serta sejumlah sepeda motor  penunjang kegiatan.

Rencana Respon dilanjutan hari Sabtu-Ahad  dengan membuka akses jalan tertutup di Wonogiri, Madigondo, Samigaluh dan membuka akses jalan menuju masjid Duren Sawit, Kalibawang untuk kordinasi dan bantuan dengan kontak person Sunarwibawa 081227303933.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!