26.1 C
Jakarta

Arniza Nilawati : Pelaku UMKM Harus Menjaga Eksistensi Ditengah Situasi Sosial dan Ekonomi dalam Tekanan

Baca Juga:

Muara Enim, menara62.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Arniza Nilawati, S.E., M.M., menekankan agar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk selalu menjaga eksistensinya ditengah situasi sosial dan ekonomi dalam tekanan.

Point penting tersebut disampaikan Arniza Nilawati saat mengunjungi pengelola usaha produk kuliner Kerupuk Kempelang “Amelia”, yang terletak di Desa Lembak, Kabupaten Muara Enim, Pada Minggu (16/10/2022).

Desa Lembak Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu sentra pengolahan dan penghasil produk panganan kerupuk kempelang yang cukup dikenal masyarakat Sumatera Selatan.

Maksud kunjungan Anggota DPD RI asal Sumatera Selatan itu untuk mengetahui dan berdialog langsung dengan para pelaku usaha kerupuk kempelang tentang sejauhmana mereka mampu bertahan bahkan mengembangkan usahanya ditengah-tengah situasi sosial ekonomi nasional yang berada dalam tekanan.

Senator Arniza Nilawati mengatakan bahwa sejarah telah membuktikan, dalam situasi ekonomi yang tidak kondusif, daya tahan ekonomi nasional justru terletak pada bidang usaha UMKM. UMKM-lah sesungguhnya yang mampu bertahan dari resesi sekalipun.

Ditambahkan oleh Arniza Nilawati, DPD RI sebagai lembaga tinggi negara mempunyai kewajiban konstitusional untuk memajukan daerah-daerah, termasuk Dibidang sosial ekonomi daerah, agar daerah tidak mengalami ketertinggalan dibandingkan wilayah2 disekitar kota pusat pemerintahan. Bidang usaha UMKM mestilah mendapat perhatian yang sama dengan usaha menengah atas.

Oleh karena itu atas dasar hal tersebut, saat ini pemerintah terus berusaha mengakomodir bidang usaha UMKM melalui UU Cipta Kerja yang telah disahkan pada tahun 2020 yang lalu. Salah satu substansi yang diatur dalam UU Cipta Kerja adalah mengenai kemudahan, pelindungan, dan pemberdayaan UMKM. Pemerintah berharap melalui UU Cipta Kerja, UMKM dapat terus berkembang dan berdaya saing.

“Pada prinsipnya Pemerintah sudah menyiapkan berbagai program dan kebijakan baik dalam konteks Pemulihan Ekonomi Nasional maupun beberapa program yang ke depannya kita harapkan betul-betul dapat memberikan kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan bagi UMKM kita,” tutupnya.

(RZP/Riil)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!