28.2 C
Jakarta

Santriwati Ummul Mukminin Buat Outbound Bahasa Arab di Ma’had Albiir Makassar

Baca Juga:

MAKASSAR, MENARA62.COM – Sebanyak 44 santriwati Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan outbound bahasa arab.

Kegiatan yang digagas Tim Lembaga Bahasa Ummul Mukminin ini digelar di Ma’had Albiir Unismuh Makassar, Kamis – Jum’at, 31 Agustus – 01 September 2023.

Kepala Urusan Bahasa Ummul Mukminin Ustad Tauhid Sunu mengatakan bahwa santriwati yang ikut ini adalah mudabbirah asrama yang meliputi ketua kamar, sekretaris dan bendahara serta mudabbirah bahasa dan ibadah.

“Diketahui bahwa mudabbirah asrama merupakan salah satu sumber belajar sekaligus sebagai sumber inspirasi bagi adik-adiknya, perannya sangat besar dalam membentuk karakter, sikap, perilaku serta memenuhi kognitif dan afektifnya,” ungkapnya.

Sehingga, mengingat peran-peran tersebut, maka penting bagi mereka untuk senantiasa membekali diri dengan peningkatan kompetensi afektif, psikomotorik dan kognitif. Melalui kegiatan bahasa ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Ustad Tauhid menambahkan bahwa outbound bahasa arab ini dikemas melalui Malam Billaghatil Arabiyah (MABIT) semua didesain dalam membentuk bahasa arab keseharian.

“Tujuan kegiatan ini dalam rangka ingin memperluas wawasan kebahasaan bagi mudabbirah, juga memperkenalkan kepada mudabbirah tentang bagaimana membentuk bii’ah lughawiyah (lingkungan bahasa) dan membangkitkan ghirah (semangat), keberanian dan keterampilan berbahasa santri,” tuturnya.

Apalagi menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan ma’had albiir yang semua area ini wajib berbahasa arab, sehingga dapat mengambil pelajaran dari suasana tersebut.

“Ini semua ikhtiar dan metode kita untuk senantiasa memperkuat dan terus menggelorakan bahasa arab di lingkungan pondok,” tambahnya.

Terpisah disampaikan, Wakil Direktur Ma’had Albiir Unismuh Makassar Dr. Ali Bakri menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada santriwati ummul mukminin dan para pendamping yang bersilaturahim di ma’had albiir.

Ustad Ali Bakri menyambut baik kegiatan Mabit Bahasa Arab Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah cerdas dalam mengembangkan bahasa arab karena ma’had Al-Birr lingkungan bahasa Arab yang sudah tertata dengan baik.

“Lewat kegiatan ini hadir kerjasama penguatan bahasa arab, sehingga lewat mabit ini saling melengkapi dan kami siapkan pelatih yang berpengalaman,” tuturnya.

Dengan demikian, Ia berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut dan tentunya semua pondok Muhammadiyah/Aisyiyah yang ingin bergabung dalam pembinaan bahasa arab kami silahkan.

“Insyallah sukses untuk kita semua,” tutupnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!