31.5 C
Jakarta

Sebanyak 30 Guru Belajar Menulis

Baca Juga:

TASIKMALAYA, MENARA62.COM–Sekitar 30 guru ngelmu bersama Kabar Priangan di Aula SMK As-Saabik Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (18/2/2017). Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama dengan Forum Guru Menulis (Gumeulis) di wilayah Priangan Timur, dan bertujuan untuk mengasah kembali kemampuan menulis para guru. Event ini didukung juga oleh penggerak Tasikmalaya Membaca yang langsung dicetuskan oleh Bupati Kabupaten Tasikmalaya akhir tahun lalu.

Kemampuan yang laten pasca tugas akhir, digali kembali dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB. Inilah yang dilakukan dalam kegiatan belajar menulis tersebut.

Materi teknis menulis berita, diantaranya teknik penulisan artikel dan PTK, serta teknik penulisan resensi buku dan jurnal. Ada tiga nara sumber sangat mumpuni dan sudah malang melintang di dunia kepenulisan. Kegiatan ini di buka secara resmi oleh dinas pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

Animo para peserta sangat kuat, pasalnya peserta merupakan pendidik yang memiliki passion tinggi dalam dunia menulis. Dilihat dari kemampuan peserta, cukup beragam. Mulai dari yang baru belajar menulis hingga yang ingin mematangkan kualitas tulisannya.

Target kegiatan adalah one teacher one article, one teacher one book, bahkan satu guru memiliki satu blog. Ini diungkapkan oleh ketua forum guru menulis Caswita.

Menurut Caswita, peserta diajak untuk praktek membuat narasi dan naskah pada setiap materi. Selain itu, setiap peserta langsung dapat satu buah buku ‘Strategi Pembelajaran’ karya Ilam Maolani dan jurnal inkripsi.

Pelatihan ini tidak hanya diikuti oleh guru saja. Beberapa diantaranya masih berstatus mahasiswa.
Event ini didukung juga oleh penggerak Tasikmalaya Membaca. Yang langsung dicetuskan oleh Bupati Kabupaten Tasikmalaya ahir tahun lalu.

Serangkaian juga dengan launching buku Strategi Pembelajaran karya Ilam Maolani. Free menjadi fasilitas yang dierima oleh para peserta.

“Kegiatan ini menjadi semangat dan menggugah saya untuk menulis lagi,” ujar Nani Suryani, salah satu peserta.

–Neni Nurachman–

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!