33.5 C
Jakarta

Siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang Kembali Berjaya Pada Robocup Singapore Open 2017

Baca Juga:

SURABAYA, MENARA62.COM– Tim Robotik SD Muhamadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) kembali berjaya dalam ajang Robocup Singapore Open 2017 yang digelar 23-25 Maret lalu. Dalam ajang yang melibatkan lebih dari 200 peserta dari negara China, Korea Selatan, Malaysia, Thailand dan Indonesia tersebut, Tim Robotik Mudipat berhasil menyabet medali emas untuk kategori Rescue Senior.

“Alhamdulillah, kita berhasil mempertahankan prestasi dan membawa harum nama Muhammadiyah juga Indonesia dalam kancah dunia selama 4 tahun berturut-turut sejak 2014. Ini prestasi yang membanggakan,” papar Pembina Robotika Mudipat Ustad Endik Styawan, S.Si, Sabtu (01/04/2017).

Dengan demikian, maka tim Robotik dari SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yang diwakili oleh M. Syahrazif Abyan Reswara (kelas 6-B) dan Ilham Wandya (kelas 5-C) berhak maju dalam ajang serupa Lomba Robocup Japan 2017 di Nagoya Jepang. Kegiatan ini akan berlangsung pada 23-27 Juli 2017 nanti.


Menurut Endik, ajang Robocup Singapore Open 2017 adalah sebuah ajang bergengsi tingkat dunia yang mengasah kemampuan siswa untuk menciptakan robot. Ada berbagai robot dengan tema yang berbeda yang tampil dalam ajang tersebut.

Pada ajang Robocup Singapore 2017, Tim Robotik SD Muhammadiyah 4 Pucang menampilkan robot jenis rescue yang didesain dan diprogram untuk menolong. Semisal pada saat kebakaran, kapal tenggelam, dan mengevakuasi korban.

Diakui Endik, persiapan untuk mengikuti ajang Robocup Singapore 2017 tergolong singkat. Dua pelajar tersebut hanya memiliki waktu sekitar satu bulan untuk pembuatan robot hingga pemrograman.

Meski singkat, tetapi bersyukur akhirnya berhasil mempersembahkan gelar juara pertama. Ini melengkapi prestasi serupa yang sudah diraih selama 4 tahun berturut-turut.

“Ke depan kami akan terus berlatih, targetnya di Jepang bisa meraih tiga besar. Mudah-mudahan bisa juara 1,” tukas Endik. (mulyanto)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!