30.4 C
Jakarta

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Sosialisasi Gelar Karya Proyek 2 dengan Tema Kewirausahaan

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM –  SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, Senin (7/02/2022). Untuk gelar proyek kedua ini, sekolah mengambil tema tentang Kewirausahaan. Kegiatan dilaksanakan secara online.

Dalam kegiatan kewirausahaan ini, anak-anak diharapkan untuk mampu mengolah limbah yang ada di sekelilingnya untuk dijadikan karya yang bisa dimanfaatkan kembali untuk kehidupan sehari-hari. Limbah yang dimaksud adalah limbah kayu, limbah kertas, limbah alam, dan juga limbah plastik.

Proses pembuatan karya ini diharapkan bisa memunculkan jiwa kewirausahaan bagi seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dengan tahapan proyek, sosialisasi yang dilakukan hari ini, setelah sosialisasi untuk 3 hari ke depan, anak-anak diharapkan sudah bisa menemukan ide apa yang akan dikerjakan sesuai tema masing-masing.

Setelah menemukan ide, mereka bisa langsung melakukan proses pembuatan sampai akhirnya nanti melaporkan hasilnya dengan mengumpulkan karya yang telah dibuat. Sebelumnya, mereka harus membuat proposal yang harus dikonsultasikan dengan guru pembimbing.

Proyek untuk tema kedua ini dikoordinatori oleh  Siti Lestari, S.Pd. dan  Inmas Indratama, S.Pd. Dalam pelaksanaannya, mereka berdua dibantu oleh beberapa guru pembimbing yaitu, untuk limbah kayu dibantu  Triyanta Wahyu Nugraha, S.Sn. dan Agus Nur Salim, S.Pd. Untuk limbah kertas dibantu oleh  Endang Pujiati, S.Pd. dan  Achmad Toha, S.Ag. Untuk limbah alam dibantu oleh  Dra. Hj. Willys Sari Listiyani, M.Pd. dan  Ika Setiyani, S.Pd.I. Untuk limbah plastik dibantu oleh  Ayu Perdanasari, S.Pd. dan  Nihayah, S.Sos.

Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., dan  Ika Setiyani, S.Pd.I., sebagai pembimbing untuk limbah alam yang membawahi 35 peserta didik kelas X 3 memberikan uraian tentang limbah. Meski limbah adalah barang yang sudah tidak berguna atau tidak digunakan lagi tetapi kita bisa memanfaatkan untuk menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Untuk limbah alam peserta didik bisa berkreasi dengan menggunakan benda-benda misalnya daun kering, kulit siput, tulang hewan/ikan, kulit buah-buahan atau dari biji-bijian. Peserta didik diharapkan dapat membuatnya menjadi dekorasi atau mengolahnya menjadi makanan.
Pembuatan karya kewirausahaan ini diharapkan nantinya akan bisa dipamerkan pada akhir bulan Februari nanti. “Selamat berkarya ya sahabat muhiska kelas X semuanya. Semoga sukses. Jayalah selalu Muhiku…,”harap Willys.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!