32.8 C
Jakarta

Syarif Bando: Satu Buku Menembus Jutaan Kepala

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Satu buku menembus jutaan kepala dan miliaran kemanusiaan. Kata-kata ini disampaikan Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional ketika menjadi pembica kunci pada peluncuran buku Pulih Bersama Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19, di Jakarta, Senin (31/10/2022).

“Kalau satu peluru hanya bisa menembus satu kepala,” ujar Syarif.  Peluncuran buku ini, diniatkan untuk mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia.

Buku yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional ini, antar lain berisi tentang berbagai gagasan optimis untuk kebangkitan dunia pasca pandemi. Buku itu sendiri, diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI bersama Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia.

Syarif mengatakan, Perpustakan Nasional menargetkan pada 1 Januari 2013 akan ada tiga juta content creator untuk mengubah image tentang perpustakaan.

Ia juga menyitir tentang masa depan yang datang 30 tahun lebih cepat di era milenial. Itu sebabnya, masa pendidikan tidak lagi membutuhkan 17 tahun. Pasalnya, orang sekarang bisa belajar serba cepat dengan digital. Itu sebabnya, semua pihak perlu menyesuaikan diri dengan sistem yang ada.

Sebelumnya, Usman Kansong, Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementrian Informasi dan Informatika dalam sambutannya mengatakan, ada tiga tema penting saat ini soal Covid-19, transformasi digital, dan transisi energi. “Kita menghadapi persoalan lingkungan hidup, dan transisi energi fosil ke energi baru dan terbarukan. Apalagi perang Ukraina-Rusia telah membawa dampak krisis energi,” ujarnya.

Buku ini sangat relevan dengan mengambil tema recover together, recover stronger. “Ketika Indonesia mengembil tongkat presidensi dari Italia, kita menggali dulu apa yang makna yang pas, kemudian kita menggunakan pulih bersama, bangkit perkasa,” ujarnya,  yang menegaskan makna luasnya adalah gotong royong untuk mencapai kepentingan bersama.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!