27 C
Jakarta

Teliti Layanan Garuda Indonesia, Dosen Universitas Mercu Buana, Ira Purwitasari Raih Gelar Doktor Komunikasi Unpad

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Dosen Fikom Universitas Mercu Buana, Ira Purwitasari meraih gelar Doktor Komunikasi dari Universitas Padjadjaran, Bandung, dengan predikat Sangat Memuaskan dengan  objek penelitian Maskapai Penerbangan Nasional Garuda Indonesia.

Dia meneliti pengalaman sebagai media komunikasi citra merek pada maskapai penyedia layanan penuh atau full service airline.

Pada sidang Doktor pada 2 Juni 2022 itu, bertindak selaku Ketua Tim Promotor adalahProf. Dr. Engkus Kuswarno, MS dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si serta Dr. Ninis Agustini Damayani, M.Lib sebagai Anggota Tim Promotor.

“Saya tertarik untuk meneliti fenomena di industri penerbangan yang memiliki tingkat persaingan sangat tinggi dengan Garuda sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah Republik Indonesia yang dirancang menjadi national flag carrier,” kata Ira yang adalah dosen Universitas Mercu Buana, Jakarta, dalam siaran pers, Minggu (5/6/2022).

Menurut Ira, persaingan sangat tinggi di industri penerbangan terjadi pada maskapai penerbangan yang memiliki berbagai kategori. Sementara Garuda sebagai maskapai penyedia layanan penuh (full service carrier) memberikan pelayanan maksimum dan berkualitas melalui penerbangan sebelum, selama, dan setelah penerbangan.

Ira mengatakan, aspek pengalaman layanan mempunyai peran yang sangat penting dalam konseptualisasi citra merek. “Dengan asumsi bahwa tujuan utama pengalaman harus mampu menciptakan atau mempertahankan citra merek yang hidup di benak konsumen. Citra merek layanan Garuda pun harus mampu mewakili perspektif pelanggan atas suatu layanan dan makna simbolis yang diciptakan selama konsumsi layanan berlangsung,” ujar Ira.

Melalui media pengalaman, kata Ira, diharapkan pelanggan memahami layanan atau membuat dan memberikan makna yang relevan dengan layanan full services airlines yang diusung Garuda. Ini dilakukan agar terus menciptakan nilai yang konsisten dengan merek Garuda Indonesia sebagai maskapai Bintang 5 dan anggota Skytrax.

Penelitian tersebut mengkaji bagaimana Garuda bisa menggunakan dan memanfaatkan pengalaman sebagai media komunikasi. Pengalaman tersebut diharapkan dapat menyampaikan pesan tentang pengalaman penerbangan yang menyenangkan dan berkesan yang akan selalu diingat pelanggan. Pada akhirnya ini akan berujung pada terpeliharanya citra merek Garuda Indonesia. Citra merek baik yang dimiliki perusahaan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pelanggan untuk memilih perusahaan jasa mana yang akan mereka gunakan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian, menurut Ira, adalah untuk mengelaborasi faktor-faktor dan motif pelanggan memilih melakukan penerbangan dengan Garuda sebagai full service airline. Di samping itu, penelitian juga mengkaji penerapan pelayanan pengalaman terbang dengan Garuda dan citra merek layanan Garuda, serta menemukan model komunikasi berbasis pengalaman di Garuda.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang bersifat holistik dan memiliki satu unit analisis tunggal. Keseluruhan dari hasil penelitian tercermin pada model ideal komunikasi pemasaran berbasis pengalaman pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!