30.2 C
Jakarta

Tetap Bugar pada Usia 77 Tahun, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat Konsisten Lakukan Olahraga Orhiba selama 55 Tahun

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat genap berusia 77 tahun pada Selasa (23/4/2024). Perayaan ulang tahun digelar secara sederhana di kantor Sido Muncul Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, dihadiri karyawan dan awak media.

Kepada awak media, Irwan berbagi kisah tentang bagaimana menjaga tubuh tetap bugar pada usia 77 tahun. “Saya sehat tentu yang utama karena berkat Tuhan,” ujar Irwan.

Meski demikian, ia mengaku selalu berikhtiar agar tetap mendapatkan tubuh yang sehat dan mampu menjalankan aktivitas bisnisnya dengan baik. Salah satu kunci penting yang dilakukan Irwan adalah rutin berolahraga setiap hari.

Ia memilih melakukan senam Orhiba atau olahraga hidup baru. Gerakan senam yang tergolong sederhana tersebut telah dilakukan selama 55 tahun. “Jadi setiap hari saya selalu olahraga Orhiba, 30-45 menit. Sudah saya lakukan olahraga ini selama 55 tahun,” tambahnya.

Orhiba (Olahraga Hidup Baru) merupakan suatu jenis olahraga yang mengandalkan konsentrasi dan pernapasan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dengan olahraga ini, setiap organ tubuh dapat dilatih menjadi lebih sehat. “Awalnya terasa sulit, namun saya terus displin melakukannya tiap hari. Hasilnya, saya sudah sangat merasakan manfaatnya,” kata Irwan.

Olahraga Orhiba tersebut menurutnya telah membuat tubuhnya menjadi semakin sehat. Lebih dari itu ia juga mampu menyeimbangkan akal budi dalam kehidupan sehari-hari.

“Keseimbangan antara akal dan budi ini yang penting. Karena keseimbangan akal budi membuat saya bisa membedakan mana yang baik mana yang tidak boleh dilakukan. Saya juga jadi berpikir positif, tidak gampang iri hari, dengki, tidak suka merokok apalagi minuman keras dan lainnya,” katanya.

Karena keseimbangan akal budi, Irwan juga bisa mengontrol diri. Makan bisa dikendalikan secukupnya, tidur juga lebih berkualitas. “Jadi akal dan budi sama-sama sehat, itu intinya,” ujar Irwan.

Awal mengenal olahraga Orhiba, bermula ketika Irwan muda (usia 21 tahun) sering sakit-sakitan dan kadang mengalami depresi. Ia pernah menderita sejumlah penyakit berat mulai dari tifoid, penyakit ginjal, infeksi paru dan lainnya. Akibatnya ia tidak sanggup untuk bangun dari tempat tidur karena tubuhnya terasa sangat lemas. Ia pun langganan dirawat di rumah sakit.

Lalu ada seseorang yang mengenalkan olahraga Orhiba. “Sejak itu saya terus konsisten melakukan olahraga ini tiap hari. Tidak harus di alam terbuka, saya lebih sering melakukan di dalam kamar. Ajaib, saya bisa melewati masa-masa sulit dengan baik dan lebih sehat,” katanya.

Irwan Hidayat bersama awak media

Orhiba sendiri merupakan jenis olahraga asli orang Indonesia dan diciptakan oleh orang Indonesia. Olahraga dengan 24 jenis gerakan tersebut sudah banyak dipraktikkan oleh tokoh-tokoh penting Indonesia seperti Mohammad Hatta dan Soeharto.

Karena itu, jika ingin hidup sehat, dengan akal budi yang seimbang, Irwan mengajak setiap individu melakukan olahraga Orhiba. Gerakannya mudah, dan tidak membutuhkan peralatan penunjang. Meski gerakannya sederhana, namun pada setiap gerakan ada olah nafas, olah fisik dan olah jiwa. Dan inilah yang membuat orang bisa mendapatkan sehat sempurna.

Rutinitas berolahraga Orhiba tersebut membuat Irwan tidak gampang sakit. Ia juga mampu menjaga berat badannya secara konsisten sejak masih mudah hingga kini. “Saya mampu mengendalikan pola makan dengan baik. Makan rutin tiap hari 3 kali, namun porsinya kecil. Ukuran celana saya sejak masih mudah hingga sekarang tetap pada angka 30,” tandasnya.

Ditanya soal kepemimpinan Presiden Indonesia mendatang, Irwan yakin bahwa di bawah kepemimpinan Prabowo, negara Indonesia bisa menjadi negeri yang lebih makmur dan sejahtera. Karena kunci mengelola negara adalah para pemimpinnya tidak korupsi. “Pak Prabowo kan tidak korupsi, jadi negeri ini pasti bisa makmur dan rakyatnya sejahtera. Korupsi hanya akan membuat rakyat menjadi apatis,” tandas Irwan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!