30.8 C
Jakarta

Tim Pengabdian P2AD FK UMS Latih Petugas Posyandu di Gatak

Baca Juga:

SUKOHARJO, MENARA62.COM – Tim Pengabdian P2AD FK UMS melakukan kegiatan pelatihan kesehatan di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan itu bertujuan untuk penyegaran dan peningkatan keterampilan melakukan skrining kesehatan bagi petugas posyandu.

“Pemeriksaan tanda vital itu meliputi pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, frekuensi pernapasan, dan suhu. Kami terjunkan tim ke desa binaan kami,”papar Ketua Tim Pengabdian P2AD FK UMS yaitu Dr. dr. Yusuf Alam Romadhon, M.Kes, Kamis (2/5).

Menurut dia, pelatihan itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup warga, khususnya di bidang kesehatan masyarakat. Apa yang dilakukan tim Pengabdian P2AD FK UMS yang dilakukan sejak 1 April tersebut mendapat respon positif dari Kepala Desa Trangsan, Mujiman dan masyarakat yang menyambut baik kehadiran Tim Kesehatan UMS. “Pengabdian ini tak lepas dari peran amal usaha Muhammadiyah,”imbuh Yusuf.

Di awal kegiatan itu pula, Ketua Tim Dr. dr. Yusuf Alam Romadhon, M.Kes memberikan sambutan dan uraian singkat mengenai gambaran umum kegiatan pengabdian yang akan dilakukan. Bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan pertama ini adalah dr. Retno Sintowati, MSc, di mana dia menjelaskan tentang prinsip dasar dan cara pemeriksaan tanda vital yakni tekanan darah, pemeriksaan denyut nadi, frekuensi pernafasan dan suhu.

Setelah pemaparan di kelas besar, selanjutnya dilakukan kegiatan hands on, di mana kader dibagi menjadi 4 kelompok kecil dan setiap kader kesehatan posyandu lansia, diberikan kesempatan melakukan sendiri pemeriksaan tanda vital dipandu oleh ko-fasilitator Dr. dr. Yusuf Alam Romadhon, M.Kes, dr. Yuni Prastyo Kurniati, Sp.PA, dr. Nining Lestari, M.PH, dan dr. Retno Sintowati, M.Sc beserta tim mahasiswa.

Di bagian akhir kegiatan dibuka kesempatan refleksi yang dipandu oleh ketua tim mengenai kesan dan pesan dari peserta perwakilan kelompok.

Tim Pengabdian P2AD FK UMS foto bersama dengan peserta

Acara kemudian ditutup dengan pemberian kenang-kenangan yakni dua alat tensimeter digital dan thermometer digital kepada Posyandu Lansia desa, dan dilanjutkan foto bersama semua peserta, fasilitator dan mahasiswa. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!