32.1 C
Jakarta

Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, UMS Adakan ETP dan EIC Bagi Mahasiswa

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mencetak lulusan unggul dan kompetitif, serta dapat melihat cakrawala perkembangan zaman melalui English Tutorial Program (ETP) dan English for Internasional Class (EIC) di luar ruang kelas. Kegiatan itu dilaksanakan setiap pekan.

Program ETP memberikan penekanan pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris (Speaking) dan kemampuan menulis Bahasa Inggris (Writing).

ETP merupakan program yang dirancang dil uar mata kuliah Bahasa Inggris satu dan dua, namun masih memiliki keterkaitan, sebagaimana yang disampaikan Dr. M. Thoyibi, M.S selaku Kepala Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) dalam kegiatan Grand Opening ETP dan EIC, Sabtu (10/9/2022).

“ETP tidak terpisah dari mata kuliah Bahasa Inggris satu atau EAP dan mata kuliah bahasa Inggris dua, ” ujar Kepala LBIPU itu.

Thoyibi juga menyampaikan, kegiatan ETP sudah dilaksanakan selama 7 tahun semenjak tahun 2015 hingga 2022, dengan peserta pada tahun 2022 sebanyak 6.340 mahasiswa dan dengan tutor sebanyak 733 yang sudah dibekali dan dilatih sebelum melaksanakan tugasnya.

“Kami merekrut tutor sebanyak 733 dan sudah kami berikan TOT. Kami yakin mereka sudah siap bertugas di ETP yang rencana dilaksanakan 17 September 2022,” ujar M. Thoyibi.

Dr. M. Thoyibi, M.S selaku Kepala Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) dalam kegaiatan Grand Opening ETP dan EIC,

ETP menjadi instrumen dalam menciptakan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif di luar bidang akademik, sebagaimana yang disampaikan Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., dalam sambutannya.

Sofyan Anif juga berharap, mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk memperkaya dan memperkuat kompetensi dalam berbahasa Inggris, agar mahasiswa mampu melihat cakrawala perkembangan zaman ke depan.

“Sehingga kemampuan bahasa Inggris ini menjadi kemampuan yang mutlak,” ujar Rektor UMS.

Pada akhir sambutannya, Sofyan Anif mengungkapkan UMS telah memiliki kepercayaan internasional dengan total mahasiswa asing yang mendaftar sebanyak 300 mahasiswa.

“Menurut laporan sudah ada kurang lebih 300 mahasiswa dan nanti akan kita seleksi menjadi 30 atau 40 mahasiswa yang akan kita tanggung beasiswa penuh untuk berkuliah di UMS, ” ujar Sofyan Anif. (Atta)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!