31.6 C
Jakarta

UAD Raih Emas PKM Kewirausahaan

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Univeritas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berhasil meraih medali emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 32 di Universitas Udayana (Unud) Bali, Jumat (30/8/2019). Tim PKM-K UAD mengembangkan permainan Leghezo (Let’s go to the health zone) yang bertujuan untuk mengajak anak-anak hidup sehat.

Demikian diungkapkan Rektor UAD, Dr Kasiyarno MHum kepada wartawan di Kampus 1 Jalan Kapas Yogyakarta, Rabu (4/9/2019). Kasiyarno didampingi Wakil Rektor III, Dr Abdul Fadlil MT, PhD; Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Dr Dedi Pramono; Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan, Danang Sukantar; Dosen Pendamping, Dr Widodo Hariyono; serta tim Leghezo.

Lebih lanjut Kasiyarno mengatakan medali emas ini semakin memperkokoh UAD sebagai entrepreneur university. UAD yang telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi Eropa dan tergabung dalam Erasmus +, sejak tahun 2000 sudah memproklamirkan diri sebagai perguruan tinggi wirausaha.

Selain itu, kata Kasiyarno, UAD juga terus mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian, publikasi di jurnal internasional. Prestasi ini mengantarkan UAD masuk dalam jajaran 10 besar perguruan tinggi seluruh Indonesia, atau satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) yang bertengger di 10 besar.

Tim Leghezo terdiri Himatul Husna, Elisda Septiyani, Jihan Rizka Syafia La Moma, Muamar Afdal Mahendra, dan Yusuf Mahdiansyah. Leghezo, merupakan permainan edukasi di bidang kesehatan bagi anak-anak.

“Leghezo berbentuk lingkaran berpetak. Di dalamnya, terdapat berbagai macam penyakit serta cara pencegahannya yang terdapat dalam kartu atau Health Card”, kata Himatul Husna yang menjadi ketua tim.

Dijelaskan Widodo, permainan Leghezo ini diilhami anak-anak yang tidak disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan permainan ini bisa membuat anak-anak menjadi disiplin dalam menjaga kesehatan dirinya.

“Sedang kewirausahaannya terletak pada penjualan hasil kreasi ini. Untuk melindungi dan tidak ditiru, UAD telah mematenkan lima macam di antaranya, buku, game Leghezo, lagu promosi”, kata Widodo.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!