30.4 C
Jakarta

UHAMKA Rintis Kerjasama Riset dan Pertukaran Mahasiswa dengan Yunus Emre Institute Turki

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) merintis kerjasama pertukaran mahasiswa, kolaborasi riset, bahasa dan budaya dengan Yunus Emre Institute, Turki. Kerjasama tersebut menjadi tindaklanjut ditandatanganinya kesepakatan kerjasama antara PP Muhammadiyah dengan Yunus Emre Institute.

Pendatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir dengan Mustafa Duru, Chief of Staf Yunus Emre Institute di kantor Yunus Emre Institute Ankara, Turki pada Selasa (26/11/2019).

Yunus Emre Institute adalah sebuah institusi riset internasional yang berkantor pusat di Istanbul Turki. Lembaga tersebut bernaung di bawah Kementerian Kebudayaan Turki dan menangani program internasional di bidang budaya, bahasa, humanity, teknologi,  akademik dan riset.

Hingga saat ini,  institusi internasional yang sangat kredibel di Turki  tersebut telah memiliki perwakilan pusat budaya dan bahasa Turki di 48 negara, namun belum memiliki perwakilan di Indonesia.

Dalam sambutanya, Prof.Dr. Haedar Nasir menyatakan kesiapan universitas Muhammadiyah untuk berkolaborasi nyata mewujudkan keunggulan sumber daya manusia (SDM) dan kemajuan peradaban manusia.

“Perguruan Tinggi Muhammadiyah siap berkolaborasi dengan Yunus Emre Institute untuk bidang-bidang yang memang bisa kita kerjasamakan,” kata Haedar dalam siaran persnya.

Sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut, Rektor UHAMKA, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, segera merintis kerjasama dalam bidang kolaborasi riset, student mobility, bahasa dan budaya.

“Secepatnya kita akan lakukan kerjasama untuk 4 bidang yakni riset, pertukaran mahasiswa, kemudian kerjasama bidang bahasa dan budaya,” tutup Rektor.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!